Srategi Informativenes Dan Jaminan Perbankan Terhadap Volume Penjualan Umkm Di Kota Medan

Bunga Aditi, Annisha Suvero Suyar, Sopi Pentana, Pitono Pitono, Muller Tamba, Tiara Alissyah Putri

Abstract


Indikator utama yang membuat UMKM mengalami banyak kerugian hingga terjadi kebangkrutan, diantaranya permintaan konsumen terhadap produk tersebutu semakin berkurang, kemudian adanya peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak memberikan manfaat langsung dalam mengembangkan UMKM sehingg tidak ada dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang harus tutup dengan waktu yang cukup lama. Tujuan penelitian ini mengkaji dan menganalisis Srategi Pemasaran Online dan Jaminan Perbankan dalam Mengurangi Kebangkrutan Pelaku UMKM di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan Informativeness berpengaruh signifikan terhadap jaminan perbankan. Jaminan perbankan tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Jaminan perbankan sebagai variabel intervening memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan pengaruh Informativeness terhadap volume penjualan.
Kata Kunci: Informativeness, jaminan perbankan dan volume penjualan.

Full Text:

Download PDF

References


Ade Resalawati, 2021. Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah

Amri Amir, 2013. Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, dan Inflasi di Indonesia, (Jurnal Kajian Ekonomi,Vol. 1, No. 02).

Dumairy, 2020 Perekonomian Indonesia, (Jakarta: Erlangga)

Ismayanti, 2010. Pengantar Pariwisata, (Jakarta: Grafindo).

Lincolin Arsyad, 2015. Ekonomi Pembangunan. Edisi 5, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN).

Michael, Todaro, 2020. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga, (Jakarta : Ghalia Indonesia).

M.L. Jhingan; penerjemah D. Guritno, 2014. “Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan”, (Jakarta: Rajawali).

Navastara. (2014). Indonesia dalam Menghadapi Era Baru Ekonomi Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Pandji Anoraga, 2010. Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro, (Yogyakarta: Dwi Chandra Wacana).

Partomo, T.S. dan Soejoedono, A.R. (2014). Ekonomi Skala Kecil/Menengah & Koperasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Raselawati, A. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM

Rahardjo Adisasmita, 2013. Teori-Teori Pembangunan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Wilayah: Cetakan Pertama, (Yogyakarta: Graha Ilmu).

Robinson Tarigan, 2014. Ekonomi Regional edisi. Revisi, (Jakarta:PT.Bumi Aksara).

Sadono, Sukirno, 2015. Ekonomi Pembangunan, Proses, Masalah dan Dasar Kebijaksanaan, (Jakarta : UI , LPFE)

Tiktik Sartika Partomo & Abd. Rachman Soejoedono, 2014. “Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi”. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tulus T.H. Tambunan, 2019. UMKM di Indonesia. Bogor : Ghalia Indonesia.

Tulus Tambunan, 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES, 2012.

Undang-Undang Nomor tahun 2008 tentang UMKM, Bab IV pasal 6.

Yesi Hendriani Supartoyo1 Jen Tatuh Recky H. E. Sendouw, the economic growth and the regionalcharacteristics: the case of indonesia.

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/16725/ diakses.

https://media.neliti.com/media/publications/40105-ID-pengaruh-pertumbuhan-usaha-kecilmenengah-ukm-terhadap-pertumbuhan-ekonomi-di-kota-Batu/ diakses pada 13 November.

http://eprints.undip.ac.id/50068/1/09_SENJA.pdf/ diakses pada 13 November.

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/247/1/10142.

https://www.scribd.com/doc/314834468/Pengertian-UMKM

wordpress.com/2015/01/05/makalah-umkm/ diakses pada 12 November




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics