Analisis Gaya Komunikasi Dokter Ika Dalam Konten Edukasi Perawatan Kulit di Tiktok

Maria Catharine Amanda S, Irmayanti Irmayanti, Nur Raisa

Abstract


Platform TikTok merupakan salah satu media sosial yang dapat dinikmati oleh berbagai khalayak yang mana pada “for you page” akan muncul konten-konten yang viral yang menghasilkan banyak engagement dengan rate yang tinggi. Hal tersebut menjadi daya tarik dr. Ika yang mampu meningkatkan jumlah pengikutnya di tiktok hingga mencapai sebanyak 2 juta. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan gaya komunikasi dalam konten media sosial tiktok dr. Ika menurut sudut pandang gen Z. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan pengamatan terhadap dokumen dan video postingan akun tiktok @dokter_ika. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa gaya komunikasi dr. Ika dalam menyampaikan edukasi perawatan kulit di media tiktok diantaranya, gaya dominan, gaya argumentasi, gaya santai, dan gaya bersahabat. Hal ini dikarenakan menurut pengikutnya dr. Ika dalam penyampainnya sangat santai, menggunakan data, dan selalu merespon setiap komentar secara positif.

Kata-kata Kunci: Gaya; Komunikasi; TikTok; Edukasi; Skincare

Full Text:

Download PDF

References


Andre. (2024). Wawancara Pengikut.

Aprillia, D. (2023). Gaya Bahasa dalam Konten di Media Sosial TikTok dr. Ayman Alatas Menurut Perspektif Gen Z. Commercium, 06(2).

Asiah, N. N. (2021). Gaya Komunikasi Selebgram Anggarita Dalam Product Endorsement Di Instagram. Salemba Empat, 4809. http://repository.uin-suska.ac.id/53582/

Dona. (2023). Wawancara Pengikut.

Ergianto, K. D. (2023). GAYA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARTOKOH UTAMA DALAM FILM TILIK SEBAGAI KEMASAN PESAN PENGGIRINGAN OPINI DALAM KULTUR JAWA. UNS, 4(1), 88–100.

Faizal, M. A. (2023). Pemaknaan khalayak terhadap gaya komunikasi keanu angelo di media sosial instagram. In Repositori.Untidar.Ac.Id.

Hasan, G., Ardila, Handoko, A., Salim, F. F., Rohaizat, P. S., & Hulu, Y. J. (2022). Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran dan Untuk Meningkatkan Penjualan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 505–515.

Icha. (2024). Wawancara Pengikut.

Iwan. (2024). Wawancara Pengikut.

Kebaya Indonesia. (2023). Maria Fransisca, Dipl.Cidesco, Merdeka dalam Passion Sebagai Dokter dan Content Creator. MajalahKebaya.Com. https://www.majalahkebaya.com/2023/08/20/maria-fransisca-dipl-cidesco-merdeka-dalam-passion-sebagai-dokter-dan-content-creator/

Khanifah, U. J. (2023). Gaya Komunikasi Dr. Ika Dalam Menyampaikan Isu Politik Di Media Tiktok. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73395%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73395/1/UMI JAZILATUL KHANIFAH-FDK.pdf

Khikmah Susanti, & Lona Darwaty Ryndang Sriganda, M. (2021). Gaya Komunikasi Ferdy Tahier dan Didi Riyadi dalam Tayangan Ferdy and Didi Show pada Kanal DiTivi. Communications, 3(1), 58–86. https://doi.org/10.21009/communications.4.1.4

Martianto, R. W. U., & Toni, A. (2021). Analisis Semiotika Gaya Komunikasi Milenial Bambang Soesatyo Melalui Youtube Podcast. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 13–28. https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2351

Masari, A. H., Abidin, Z., & Nayiroh, L. (2023). Konten Tiktok@ buiramira dan Skripsi: Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa sebagai Media Edukasi Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 16564–16575. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9002%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/9002/7346

Maulana, A. E. S. (2023). GAYA KOMUNIKASI DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR DALAM AKUN TIKTOK @huseinjafar (Issue April). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Moleong, J. L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, B. N. (2017). Analisis Gaya Komunikasi Ahmad Faiz Zainuddin. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(3), 2502–2597. www.jurnalweb.com,

Putri, R., & Sulistyanto, A. (2020). Analisis Isi Konten Edukasi Funfact Pada Akun Tiktok @Buiramira. Jurnal Ilmu Komunikasi Media Sosial, 4(1), 48–64.

Rahmat. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium, 5.

Sayuti, A. (2020). Analisis Gaya Komunikasi Presiden Joko Widodo Saat Berpidato Melalui Unggahan Di Media Sosial Youtube. Skripsi.

Sembodo, A. P., Faisal, T., Swarnawati, A., Riandi, R. N., & El Hassan, I. N. (2022). Gaya Komunikasi Nadiem Makarim. Communication, 13(1), 55. https://doi.org/10.36080/comm.v13i1.1670

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfa Beta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics