Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan bersaing Sebagai Variabel Mediasi Pada UMKM Percetakan Di Kab. Bekasi

Dea Wulandari, Wening Ken widodasih, Kurbandi Satpatmantys Budi Rochayata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada UMKM Percetakan di Kab. Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha percetakan di Kab. Bekasi sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan menggunakan sampling jenuh (sensus), sehingga semua populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk pernyataan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, metode analisis SEM dan diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Namun, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, keunggulan bersaing tidak memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa UMKM Percetakan perlu meningkatkan keunggulan bersaing untuk mendorong kinerja pemasaran yang lebih baik.

References


Anwar, *, Rohman, F., Fauzi, A., Universitas, R., Karawang, B. P., Buana, U., & Karawang, P. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Percetakan Cipta Ratu Syifa Pramudita Faddila. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 34–51. Retrieved From Https://Doi.Org/10.55606/Optimal.V3i3.1790

Bachtiar, F., & Meliyati. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran, 10(1), 53–68.

Badrulhuda, A., Hadiyati, S. N., & Yusup, J. (2021). Komitmen Profesional Dan Sensitivitas Etis Dalam Intensi Melakukan Whistleblowing. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(4), 522–543. Https://Doi.Org/10.24034/J25485024.Y2020.V4.I4.4524

Barat, B. P. S. P. J. (2023). Banyaknya Usaha Mikro Dan Kecil Menurut Kabupaten/Kota (Unit), 2019-2021.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics