STRATEGI PENGELOLAAN TOURIST INFORMATION CENTRE (TIC) PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Usman Renda, Adam Rilla, Nasrullah Nasrullah, Indah Mutmainah

Abstract


Persepsi wisatawan merupakan salah satu indikator penting dalam pengelolaan suatu obyek dan tarik wisata daya, dimana perbandingan antara kinerja produk yang dihasilkan dengan kinerja yang dirasakan oleh wisatawan adalah inti dari pengolahan persepsi tersebut. Jika berada di bawah harapan, wisatawan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, wisatawan puas. Jika kinerja melebihi harapan,wisatawan amat puas atau senang. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap pelayanan Tourist Information Centre (TIC) pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan dengan menganalisis 5 faktor persepsi wisatawan terhadap pelayan TIC yaitu: 1). faktor tangibility; 2). faktor reliability; 3). faktor responsiveness; 4). faktor assurance; dan 5). faktor emphaty. Serta untuk menganalisis strategi pengelolaan TIC pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilakukan di TIC pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendapat informan yang dipilih sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara kepada wisatawan yang menggunakan produk/jasa di TIC, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk naratif.

Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui mengetahui persepsi wisatawan terhadap pelayanan Tourist Information Centre (TIC) pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan; untuk mengetahui strategi pengelolaan TIC agar kedepannya dapat dikelola dengan lebih baik. Yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi dalam pengambilan kebijakan pengelolaan kepariwisataan oleh Pemerintah setempat. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan faktor/dimensi persepsi wisatawan terhadap pelayanan Tourist Information Centre (TIC) di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan berada pada kategori tidak puas. Untuk menjadikan kualitas pelayanan di TIC menjadi pelayanan yang prima, maka pengelolah perlu meningkatkan keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan tingkah laku (attitude) petugasnya dengan cara seperti: memperhatikan penampilan petugas TIC, memberi informasi yang tepat, memberikan pelayanan yang tepat waktu, menghindari kesalahan ketika memberikan pelayanan, dapat menghargai wisatawan saat melayani, menjaga sikap pada saat melayani, meningkatkan pengetahuan petugas TIC, dapat menggunakan bahasa yang mudah dan jelas, dan bersih saat melayani, memanggil nama wisatawan, memberi perhatian terhadap permintaan wisatawan
Kata-kata Kunci: Persepsi Wisatawan; Kualitas Pelayanan; TIC.
ABSTRACT
The perception of tourists is one of the important indicators in the management of an object and tourist attraction, where the comparison between the performance of the resulting product and the performance perceived by tourists is the essence of processing these perceptions. If it is below expectations, the traveler is not satisfied. If the performance meets expectations, the traveler is satisfied. If performance exceeds expectations, the traveler is very satisfied or happy. The research objectives in this study were: to determine the perceptions of tourists towards the Tourist Information Center (TIC) service at the Culture and Tourism Office of South Sulawesi Province by analyzing 5 factors of tourist perceptions of TIC servants, namely: 1). tangibility factor; 2). reliability factor; 3). responsiveness factor; 4). assurance factor; and 5). emphaty factor. As well as to analyze the TIC management strategy at the Culture and Tourism Office of South Sulawesi Province. This research was conducted at the TIC at the Culture and Tourism Office of South Sulawesi Province. This study uses the opinion of informants who were selected as samples. Data were collected through interviews with tourists using products / services at TIC, then analyzed using qualitative descriptive data analysis and presented in narrative form.

This research is expected to find out the perceptions of tourists towards the Tourist Information Center (TIC) service at the Department of Culture and Tourism of South Sulawesi Province; to find out the TIC management strategy so that in the future it can be better managed. Which in the end can contribute to the making of tourism management policies by the local government. Based on the results of the overall analysis of factors / dimensions of tourist perceptions of the Tourist Information Center (TIC) service at the Culture and Tourism Office of South Sulawesi Province, it is in the dissatisfied category. To make the quality of service at TIC become excellent service, managers need to improve their skills, knowledge, and attitudes of officers in ways such as: paying attention to the appearance of TIC officers, providing appropriate information, providing appropriate services time, avoid mistakes when providing services, can respect tourists when serving, maintain attitude when serving, increase knowledge of TIC officers, can use easy and clear language, and be clean when serving, call tourists' names, pay attention to tourist requests.
Keywords: Tourist Perception; Quality Service; TIC.

Full Text:

Download PDF

References


Arief. (2017). Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Bayumedia (1st ed.). Malang

Arif Rahman Hakim. (2016). Tourist Information Centre Di Semarang. Imaji, 1(2), 209–218.

Arisa. (2011). Tingkat Kepuasan Wisatawan Mancanegara Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi di Tourist Information Center (TIC) Provinsi DIY. Universitas Gadjah Mada.

I Nyoman Sudiarta. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Mancanegara yang Menginap Pada Hotel Berbintang Lima di Kabupaten Badung (Universitas Denpasar).

Karyono. (2016). Kepariwisataan. Grasindo (2nd ed.). Jakarta

Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Psikologi. Erlangga (2nd ed.). Jakarta

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. INDEKS (2nd ed.). Jakarta

Kurniawan, R. (2017). Passenger’S Perspective Toward Airport Service Quality (Asq) (Case Study At Soekarno-Hatta International Airport). Journal of the Civil Engineering Forum, 3(1), 291. https://doi.org/10.22146/jcef.26547

Nasution. (2017). Total Service Management Manajemen Jasa Terpadu. Ghalia (1st ed.). Jakarta: Ghalia.

Republik Indonesia. Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. , Pub. L. No. 25 Tahun 2009 (2009).

Tjiptono, F. (2016). Manajemen Jasa. ANDI (Edisi Kedu). Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 31 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics