IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL BAGIAN STANDAR PENDIDIKAN AKADEMIK DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MUHAMMADIYAH MAMUJU

Muhammad Arsyad, Jamaludin Kamarudin

Abstract


Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitain ini merupakan pengumpulan data yang digunakan dengan cara mendiskripsikan secara narasi terkait dengan variabel penelitian dengan mengukur frekuensi melalui angket yang dibagikan tentang pengimplementasian sistem penjaminan mutu internal bagian standar pendidikan akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju. Hasil penelitian ini bagian standar kompetensi lulusan 81,8% terimplementasi, 18,2% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi, bagian standar isi pembelajaran 73,7% terimplementasi, 27,3% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi, bagian standar proses pembelajaran 85,9% terimplementasi, 14,1% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi, di bagian standar penilaian pembelajaran 83,5% terimplementasi, 16,5% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi, standar dosen dan tenaga kependidikan 85,5% terimplementasi, 14,5% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi, di bagian standar sarana dan prasarana pendidikan bahwa 86,9% terimplementasi, 13,1% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi, di bagian standar pengelolaan pembelajaran 89,6% terimplementasi, 10,4% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi, di bagian standar pembiayaan pembelajaran 90,9% terimplementasi, 9,1% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi.

Kesimpulan implementasi sistem penjaminan mutu internal bagian standar pendidikan akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju yaitu 85,2% terimplementasi, 14,8% masih dalam proses pengimplementasian dan 0% tidak terimplementasi.

Keywords : Sistem Penjaminan Mutu, Standar Pendidikan Akademik, Budaya Mut

Full Text:

Download PDF

References


Kementrian riset ,teknologi, dan pendidikan tinggi direktorat jenderal dan kemahasiswaan direktorat penjaminan mutu (2018). Kumpulan peraturan perundang-undangan tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi, cetakan ke-2.. Jakarta. Direktorat penjaminan mutu.

Ahmad Muttaqin, budhi akbar, Daniel Fernandes,munawwar khalil, suliswiyadi, zamahsari.(2018). Pedoman SPMI PTM/PTA Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Muhammadiyah Perguruan Tinggi Aisyiah, Edisi Ketiga.Yogyakarta .Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Kementrian riset ,teknologi, dan pendidikan tinggi direktorat jenderal dan kemahasiswaan direktorat penjaminan mutu. (2018). Pedoman sistem penjaminan mutu internal, cetakan ke-2. Jakarta. Direktorat penjaminan mutu.

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.(2018). akreditasi perguruan tinggi, panduna penyusunan laporan evaluasi diri, panduan penyusunan laporan kinerja perguruan tinggi,matrik penilaian.

Kementrian riset ,teknologi, dan pendidikan tinggi direktorat jenderal dan kemahasiswaan direktorat penjaminan mutu. (2016). Pedoman audit mutu internal, cetakan ke-1. Jakarta. Direktorat penjaminan mutu.

Salamah, Umi. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274-293

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke 25. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods), Cetakan ke 4. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgih. (2014). Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, cetakan pertama. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo

Susanto, Agus. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL, Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics