ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) SEBAGAI E-SERVICE DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2 (TAM 2)

Mashur Razak, Muhammad Hidayat, Riswin Arwien Arwien

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa apakah Pegadaian Digital Service (PDS) dipilih sebagai User Generated Content (UGC) efektif untuk memberikan Kemudahan dan manfaat penggunaan bagi Nasabah Pegadaian pada PT. Pegadaian Unit Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner secara online yang disebarkan kepada 94 responden untuk mengeetahui persepsi nasabah atas Pegadaian Digital Service (PDS) melalui pendekatan Tecchnology Acceptance Model 2 (TAM-2). analisa data dlakukan dengan menggunakann statistik deskriptif dan analisis jalur .
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hubungan indikator tertinggi dengan nilai sebesar 35% pada variabel Kualitas Hasil (X4) yang berpengaruh signifikan terhadap Kegunaan Penggunaan (Y1); Indikator terendah memiliki nilai sebesar 7,7% pada variabel Persepsi Pandangan (X2) yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan Penggunaan (Y1). Keseluruhan hasil juga menunjukkan bahwa Pegadaian Digital Service (PDS) dapat diterima oleh pengguna sebagai platform yang berguna untuk memudahkan dalam bertransaksi gadai secara online.

Kata kunci : Pegadaian Digital Service (PDS), E-Service, Technology Acceptance Model 2, Persepsi pengguna.

Full Text:

Download PDF

References


Abubakar, L., Handayani, T. (2015), “Telaah Yuridis Perkembangan Regulasi Dan Usaha Pegadaian Sebagai Pranata Jaminan Kebendaan”, National Journal of Bina Mulia Hukum, Vol.02, No.35, hal. 80-92.

Arifin, I. Z., dan Marlius, D. (2018), “Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ulak Karang”, National Journal of Finance and Banking, hal. 20-30.

Atahau, A. R., Huruta, A. D., dan Lee, C. W. (2020), “Rural microfinance sustainability: Does local wisdom driven-governance work?”, International Journal of Cleaner Production, Vol.267, hal. 122153-122163.

Azofra, S. S, Olmo, B. T., dan Saiz, M. (2019), “Microfinance institutions and the bank lending channel in Asia and Latin America”, International Journal of Asian Economics, Vol.63, hal. 19-32.

Badriyah, S. M., Suharto, R., Marjo. (2019), “Reorientasi Usaha Pegadaian Swasta Sebagai Upaya Keseimbangan Hubungan Hukum Para Pihak di Indonesia”, Nationally Accredited Journal, Decree No. 30/E/KPT/2018, Vol.7, hal. 534-548.

Dahal, M., dan Fiala, M. (2020), “What do we know about the impact of microfinance? The problems of statistical power and precision”, International Journal of World Development, Vol.128, hal. 104773-104786.

Dewi, S. D. (2016), “Pengaruh Jumlah Nasabah, Tingkat Suku Bunga dan Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit Pada PT. Pegadaian di Cabang Samarinda Seberang Kota Samarinda”, National Journal of Finance and Economics, Vol.13, hal. 71-81.

Khotimah, D. A. K., dan Sarno, R. (2019), “Sentiment Analysis of Hotel Aspect Using Probabilistic Latent Semantic Analysis, Word Embedding and LSTM”, International Journal of Intelligent Engineering and Systems, Vol.12, No.04, hal.275-290.

Khotimah, D. A. K., Nurcahyawati, V. dan Erstiawan, M. S. (2017), “Analisis Penerimaan Penerapan PARIS (Parking Information System) dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) pada Area Parkir Stikom Surabaya”, Jurnal Sistem informasi & Komputer Akuntansi (JSIKA), Vol.5, No.9, hal.1-14.

Lee, J. H., Kim, J. H. dan Choi, J. Y. (2019), “The adoption of virtual reality devices: The technology acceptance model integrating enjoyment, social interaction, and strength of the social ties”, International Journal of Telematics and Informatics, Vol.39, hal.37-48.

Lemay, D. J., Doleck, T. dan Bazelais, P. (2017), “Passion and concern for privacy” as factors affecting snapchat use: A situated perspective on technology acceptance”, International Journal of Computers and Education, Vol.75, hal.264-271.

Montolalu, F. S., Mananeke, L., dan Oroh, S. G. (2015), “Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian Cabang Manado Timur”, National Journal of EkoSosBudKum, Vol.2, No.1, hal. 71-81.

Müller, J., dan Christandl, F. (2019), “Content is king - But who is the king of kings? The effect of content marketing, sponsored content & user-generated content on brand responses”, International Journal of Computers in Human Behavior, Vol.96, hal.46-55.

Rita, P., Olivera, T., dan Farisa, A. (2020), “The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping”, International

Sarno, R., Khotimah, D. A. K. (2019), “Sentiment Analysis of Hotel Aspect Using Probabilistic Latent Semantic Analysis, Word Embedding, and LSTM”, International Journal of Intelligent Engineering and Systems, Vol.12, hal. 275-290.

Schrer, R., Siddiq, F. dan Tondeur, J. (2019), “The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education”, International Journal of Computers and Education, Vol.128, hal. 13-35..

Tsao, W., Hsieh, M. T., Lin, T. M. Y. (2016), “Intensifying online loyalty the power of website quality and the perceived value of consumer/seller relationship”, International Journal of Industrial Management & Data Systems, Vol.116, No.09, hal.1987-2010.

Wang, S., Cavusoglu, H., Deng, Z. (2016), “Early mover advantage in e-commerce platforms with low entry barriers: the role of customer relationship management capabilities”, International Journal of Computers in Human Behavior, Vol.53, hal.197-206.

Wang, X., Wong, Y. D., Teo, C. C., Yuen, K. F., Feng, X. (2020), “The four facets of self-collection service for e-commerce delivery: Conceptualisation and latent class analysis of user segments”, International Journal of Electronic Commerce Research and Applications, Vol.39, hal. 100896-100933.

Wijayanti, M. T. (2020), “Implementasi Manajemen Syariah Pegadaian Dalam Gadai Emas”, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.17, No.1, hal. 101-117.

Wulandari, I., Fitriadi, F., dan Rahmawati, R. (2017), “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Pegadaian Syariah terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Layanan Gadai Pada Pegadaian Syariah Cabang Merdeka Samarinda”, Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman, Vol.2, No.1, hal. 205-215.

www. digital.pegadaian.co.id (Diakses pada 11 Juni 2020).

Yang, Y. dan Wang, X. (2019), “Modeling the intention to use machine translation for student translators: An extension of Technology Acceptance Model”, International Journal of Computers and Education, Vol.133, hal.116-126.

Zehir, C., dan Narcikara, E. (2016), “E-Service Quality and E-Recovery Service Quality: Effects on Value Perceptions and Loyalty Intentions”, In: Proc. of International Conf. On Social and Behavioral Science, Istanbul, Turkey, Vol.229, hal.427-443.


Article Metrics

Abstract view : 113 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics