PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. TELKOM DIVISI REGIONAL II JABODETABEK

Asri Andriani, Romat Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja karyawan di PT. Telkom Indonesia Divisi Regional II Jabodetabek, melalui disiplin kerja yang telah dilakukan para karyawan dan pengawasan supervisor terhadap karyawan. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan primer yang diperoleh dari data statistic pada tahun 2016-2018 serta dilengkapi dengan pembagian kuisioner terhadap para karyawan PT. Telkom. Semua data diolah dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap variabel kinerja karyawan, variabel disiplin kerja dan variabel supervisi berada dalam kategori sangat baik. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja tidak secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan secara parsial. Sedangkan pengawasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja dan pengawasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara bersamaan.
Kata-kata Kunci: Regional II PT. Telkom Indonesia, Disiplin Kerja, Supervision, Kinerja Karyawan.

Full Text:

Download PDF

References


Aturduit.com (June 19, 2019). 20 Perusahaan Terbesar di Indonesia Berdasarkan Laba dan Penjualan (Updated 2019). Diakses pada 9 Januari 2020 dari https://www.aturduit.com/articles

Liputan6.com (2019, 20 Desember). Sri Mulyani: Tantangan Indonesia ke Depan adalah Dongkrak Kualitas SDM. Diakses pada 9 Januari 2020, dari https://www.liputan6.com/bisnis.

Mangkunegara, A. P. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofyan, Muhammad. Rahman M, Abdul. Bima, Muh.Jobhar and Nujum, Syamsu. (2016). The Effect of Career Development and Working Discipline towards Working Satisfaction and Employee Performance in the Regional Office of Ministry of Religious Affairs in South Sulawesi. International Journal of Scientific and Technology Research. Volume 5, Issue 03. Pp. 51-57.

Busro, Muhammad. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.

Sopiah, (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Hasibuan, Malayu.S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Natalia, Linda Novita. (2011). Pengaruh pengawasan, ketenangan dalam bekerja, dan Ketekunan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Florindo Makmur Lampung Tengah Tahun 2010/2011. Skripsi. Lampung: FKIP Unila.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuntitatif Dan R Dan D. Bandung: AlfaBeta.

Sujarweni, W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Hartatik, Indah Puji. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogjakarta: Laksanas




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics