PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DALAM TRADING PUPUK UREA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (KASUS PADA PT PUPUK KUJANG, CIKAMPEK, INDONESIA)

Ratna Dewi Mulyaningtiyas, Moch. Agus Junaidi, Dessy Wulandari

Abstract


Relationship marketing merupakan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Penerapan relationship marketing jika dilakukan dengan baik maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Strategi dalam relationship marketing tersebut sangat penting untuk diperhatikan dalam mempertahankan hubungan jangka panjang antara produsen dengan mitra bisnisnya. Konsep relationship marketing banyak digunakan oleh perusahaan yang ada, salah satunya perusahaan agroindustri. Penelitian ini dilakukan pada PT Pupuk Kujang, Cikampek, Indonesia. Analisis Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengetahui relationship marketing serta pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan PT Pupuk Kujang. Penelitian ini menemukan bahwa faktor relationship marketing yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan penanganan konflik. Lebih lanjut, variabel kepercayaan (X1), komitmen (X2), komunikasi (X3), kepuasan (X4), dan penaganan konflik (X5) tidak memiliki kaitan satu sama lain, hanya saja variabel-variabel tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y).

Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Relationship Marketing, Trading Pupuk Urea

Full Text:

Download PDF

References


Athanasopoulo, Pinelopi. (2013). Relationship Quality in Services: Past, Present, and Future. Chapter 9. Universitas of Peloponnese, Greece. Internationnal Journal. Page 171-190. DOI: 104018/978-1-4666-2524-2.ch009.

Barnes, J.G. (2003). Secrets of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi.

Egan, John. (2011). Relationship Marketing Exploring Relational Strategies in Marketing. Fourth Edition. PT Prentic Hall. Financial Times.

Kotler, P., dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. (B. Sabran, Ed.) (13th ed.). Jakarta: Erlangga

Laely N, Djunaedi, Dea Rosita. 2020. Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan : Studi Konsumen McDonald’s Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri ISSN (Online) 2581-2157 Volume 05 Nomor 2 Tahun 2020 ISSN (Print) 2502-9304

Lingga, P. dan Marsono, 2008. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta. 150 hal.

Maria, Winda. (2012). Pengaruh Kualitas Relationship Marketing-Oriented Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Lion Air di Surabaya dan Sidoarjo. Journal Widya Mandala Chatolic University Surabaya. Vol 1, No 1. Article 74

Moh. Ari Setiawan1) Husain Umar2) Hamzari2)Pengaruh Pemberian Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan Semai Jati (Tectona Grandis L.F) Pada Lahan Bekas Tambang Poboya Jurnal Warta Rimba E-Issn : 2579-6287. Volume 7. Nomor 1. P-Issn : 2406-8373 Maret 2019

Nikmatu Sholihah, Efi., Wisynu Ari Gutama., dan Kadhung Prayoga. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Relationship Marketing Petani Sayur dan Pedagang pengepul di Desa Pandanajeng Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Fakultas Pertanian. Sosial Ekonomi Pertanian. Universitas Brawijaya. Article 1033.

Ndubisi Oly, Nelson. (2007). Relationship Marketing and Customers Loyalty. Marketing Inteligence and Planning. Vol. 25 No. 1, 2007. Pp 98-106. DOI 10.1108/02634500710722425

Semuel, Hatane. (2012). Customer Relationship Marketing Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Perbankan` Nasional. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 7, No. 1, April 2012. ISSN 1907-235X. DOI: 10.9744/pemasaran.7.5.33-41

Solimun., Adji Ahmad Rinaldo Fernandes., Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat. Pemodelan Persamaan Struktural (SEM). Pendekatan WarpPLS. (UB Press).

Solimun., Armanu., Adji Ahmad Rinaldo Fernandes. (2018). Metedologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem. Malang. UB Press.

Suherlin. (2015). Pupuk Urea, Jenis dan Manfaatnya Bagi Tanaman. (Online). Pada https://www.suherlin.com/pupuk-urea/. Diakses Pada Tanggal 2 Juli 2019.

Triana, Febri., Suharyono., dan Dahlan Fanani. (2015). Relationship Marketing Sebagai Upaya Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Ekspor Perusahaan Kerajinan Dona Doni Rattan Gallery di Singosari-Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 24. No 1 Juli 2015.


Article Metrics

Abstract view : 66 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics