PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO ARIFIN JAYA

Rahmatia Rahmatia, Abdul Hakim, Fakhry Amin, Suprapti Suprapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh produk, harga, promosi, tempat, terhadap kepuasan pelanggan di toko Arifin Jaya. (2) Pengaruh produk terhadap kepuasan pelanggan di toko Arifin Jaya. (3) Pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan. (4) Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di toko Arifin Jaya. (5) Pengaruh tempat terhadap kepuasan pelanggan di toko Arifin Jaya. Objek penelitian ini adalah Toko Arifin Jaya. Populasi penelitian ini adalah pelanggan dari toko Arifin Jaya sebanyak 30 pelanggan. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan accidental sampling. Adapun alat analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda dengan mengunakan software SPSS versi 23

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Produk, harga, promosi, tempat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada toko Arifin Jaya. (2) Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada toko Arifin Jaya, apabila di persepsi dari indikator kualitas produk dan packaging produk. (3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada toko Arifin Jaya, apabila di persepsi dari indikator kesusaian harga, harga terjangkau, harga kompetitif. (4) Promosi terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan tidak signifikan pada toko Arifin Jaya, apabila di persepsi dari indikator potongan harga dan iklan. (5) Tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada toko Arifin Jaya, apabila di persepsi dari indikator lokasi startegis dan area parkiran yang luas.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.

Full Text:

Download PDF

References


Ariyanti Anik, Darmanto Rochmad Fadjar (2018) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Richeese Factory Bintara Kota Bekasi Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol. 20 No. 03, ISSN: 1411-710X

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grapindo

Buchory, Achmad Herry, dan Saladin, Djaslim. (2010). Manajemen Strategik. Edisi1. Bandung: Linda Karya

Bilson Simamora. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Bygrave, William D. “The Portable MBA in Enterpreneurship”. 1994. Jhon Wiley & Sons, Inc.

Guilford, J.P., (1987), Fundamental Statistic In Phychology And Education (6th ed). Singapore: McGraw-Hill.

Hendri, Ma’ruf, 2005, Pemasaran Ritel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ita Purnamasari, Ratya Anindita, Putri Budi Setyowati (2018) Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji, (online) HABITAT, 29(2), 57-64 (http://www.habitat.ub.ac.id) ISSN: 0853-5167

Indriyo Gitosudarmo, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE - Yogyakarta

Kevin Yeremia Kambey, Jenjt L. Sepang (2018) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada (Pt. Hasjrat Abadi Yamaha Samratulangi Manado) Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 1948 – 1957

Kotler, Philip, Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Prehallindo, 1997

Kotler, P. & Amstrongm G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler. Philip dan Kevin L Keller. (2016). Marketing management, 15th Edition. Pearson Education, Inc

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), principles of marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Miller dan Layton. (2000). Pemasaran Jasa Dikutip dari http:/windasirumapea.wordpress.com/2003/01/konsep-dasar-pemasaran-jasa-dan-ruang-lingkup-pemasaran-jasa-//, pada tanggal 20 mei 2020

Nawawi, Hadari. 1993. Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Pres Publishing.

Nurbani Aep, Mulyanto Heru, Mursida Kusuma Wardani, Meli Andriyani (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen, Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 16 No. 02, ISSN: 1858-1048

Paturochman, M. 2005. Hubungan Antara Tingkat Pendapatan Keluarga Peternak Dengan Tingkat Konsumsi (Kasus Di Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) Pagaleng Fakultas Peternak Universitas Padjajaran. Bandung

Sugiyono. Prof. Dr. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabrta

Swastha Basu. 1999. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Siswanto Sutojo, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi kedua, Penerbit: Damar Mulia Pustaka, Jakarta

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, Fitriyadi, Hasanur Arifin (2016) Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Okky Jelly Drink Pada Distributor PT. Sinar Niaga Sejahtera Di Wilayah Banjarmasin Jurnal Bisnis dan Pembangunan Edisi Januari-Juni 2016 Vol 5, No. 1, ISSN 2541-178X

Philip Kotler, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: SalembaEmpat.

Sekaran, Uma, (2006), Research Methods For Business, John Wiley & Sons, Chiches

Simammora, B. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasar Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung

Surianto, Firda Mawarni, & A, S. S. (2020). Analisis Proses Restitusi Pajak Pertambahan Nilai pada Perusahaan Jasa Konstruksi . Economics and Digital Business Review, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.1803/ecotal.v1i1.5

Stanton, William J. 2003. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7, jilid 1. Erlangga. Jakarta

Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media

Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi pemasaran. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy Ph. D 2014 Pemasaran jasa prinsip penerapan dan penelitian. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Venkatesh, A. And L. Penaloza. (2006). From Marketing To The Market. New York: M.E Sharpe, Inc

William J. Stanton, 1999. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi ketujuh, Jakarta: Erlangga jilid ke-1




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i2.758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics