Peran Kualitas Produk, Electronic Word Of Mouth Dan Brand Awareness Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow

Zairina Amelia, Diana Aqmala, Artha Febriana, Fakhmi Zakaria

Abstract


Keputusan Pembelian ialah tindakan yang diambil oleh pelanggan untuk benar-benar membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Riset ini bertujuan guna mengevaluasi pengaruh kualitas produk, electronic word of mouth (E-WOM), serta brand awareness pada keputusan pembelian produk perawatan kulit MS Glow dibahas pada riset ini. MS Glow, sebuah merek lokal yang mengkhususkan diri pada produk perawatan kulit dan tubuh, menghadapi tantangan dalam menjaga daya saing di tengah persaingan pasar yang ketat. Memakai metode kuantitatif serta dengan pendekatan Teknik purposive sampling, populasi pada riset ini melibatkan 120 responden pemakai MS Glow. Hasil penelitian mengungkapkan kualitas produk serta brand awareness memiliki pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian, sementara E-WOM tidak mengungkapkan dampak signifikan. Data ini memakai perhitungan analisis regresi linier berganda dengan sofware SPSS. Riset ini menggaris bawahi pentingnya inovasi produk, strategi pemasaran yang konsisten, serta pengelolaan ulasan konsumen secara daring guna menaikkan kesadaran serta keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Electronic Word Of Mouth, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Adilah, R., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERUM HANASUI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2823–2841. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.906

Ahmad, A. H., & Prastyani, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, dan Citra Merek, Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Ekuitas Merek Pada Produk Kecantikan Somethinc. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2), 194–210. https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.2107

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2019). Pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 53(9), 1689–1699. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Anggraini, M., Rahmadani, R., & Priyono, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Aplikasi Shopee Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Semester V Universitas Nurul Huda. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.233

Aprilia, C. P., & Ranto, D. W. P. (2024). Pengaruh E-Wom, Lifestyle, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking pada Situs Traveloka.Com pada Pekerja di Yogyakarta (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat dan Kereta Api). Jebital: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 1–12.

Arianti, W., Hinggo, H. T., & Hardilawati, W. L. (2023). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Product Knowledge Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk HNI-HPAI Di BC Selatpanjang. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi, Bisnis & Akuntansi, 3, 165–177.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Arlado, I. (2024). Sejarah dan Arti MS Glow, Perusahaan Skincare yang Awalnya Hanya Jualan Online hingga Muncul Klinik. https://radarmojokerto.jawapos.com/berita-terbaru/824962861/sejarah-dan-arti-ms-glow-perusahaan-skincare-yang-awalnya-hanya-jualan-online-hingga-muncul-klinik

Astuti, P. K. I., & Purnama, I. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow (Studi Pada Konsumen Di Kota Bima). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 3(3), 139–148. https://doi.org/10.55606/jimak.v3i3.1952

Aulia, S. R., & Wati, K. M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 4(2), 84–96. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1610

Aulia, V. D., Sulastri, S., Maulana, A., & Rosa, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Jasa Shopeefood di Kota Palembang. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 778–792. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.3778

Brestilliani, L., & Suhermin. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee. Economic and Education Journal (Ecoducation), 5(3), 292–302. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v6i1.3785

Dwiputri, R., Isyanti, P., & Sumarni, N. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kofieboy. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 488–498. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.855

Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055

Elli, E. E., Bahfiarti, T., & Farid, M. (2023). Dampak Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Big Bananas di Kota Makassar. Jurnal Represantamen, 9(02).

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Fadhli, N. M., Rianto, M. R., Rohaeni, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (JMPD), 1(3), 111–118. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Febiyati, L., & Aqmala, D. (2022). Pengaruh E-WOM, Brand Image, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk MS. Glow Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis, 1(1), 28–39.

Ginting, R. A., Angelia, A., Salsabila, T., Damero, S., Primananda, R., & Setyo, K. (2023). Pengaruh Green Marketing, Inovasi Produk dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 986–992. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.198

Kapirossi, B., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 66. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929

Karina, M., & Sari, N. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online TikTok Shop. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 6(2), 101–116. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.277

Marcella, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Skincare Somethinc Di Kota Bekasi. Jurnal Economina, 2(10), 2775–2790. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.903

Nst, V. F. H. (2023). Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Citra Merek dan Kepercayaan Merek Pada Indomaret Cabang Mandala By Pass. Junal Ilmiah Metadata, 5(2), 350–372.

Rahmahyanti, R. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1143–1151. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3309

Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 1(7), 694–707. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.134

Rumaidlany, D., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mc Donald’S Di Palmerah Jakarta Barat. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 102. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.567

Sriwendiah, S., & Ningsih, W. (2022). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian Lipcream Pixy. Jurnal Bisnis, 10(1), 36–50. https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.20

Talahatu, I. (2024). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas Yang Dipersepsikan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Cair Di Kota Ambon. Jurnal Administrasi Terapan, 3(1), 315–322.

tempo.co. (2024). Profil MS Glow, Merek Produk Perawatan Kulit yang Pemiliknya Pecah Kongsi. https://www.tempo.co/ekonomi/profil-ms-glow-merek-produk-perawatan-kulit-yang-pemiliknya-pecah-kongsi--26321

Wardani, P. E., Kriestian, A., & Adhi, N. (2022). The Influence of Brand Ambassador, Country of Origin, and Brand Image on Purchase Decisions of Skincare Products. Asian Journal of Entrepreneurship, 3(3), 88–98. https://doi.org/10.55057/aje.2022.3.3.8

Wisnubrata. (2023). Seperti Apa Tren Kecantikan di Indonesia pada Tahun 2023? https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/07/111401620/seperti-apa-tren-kecantikan-di-indonesia-pada-tahun-2023?page=all




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.8043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics