Hubungan Pembelajaran Daring (Online) Dan Learning Independence Terhadap Stres Akademik Mahasiswa

Munawara Salfitri, Ari Dyah Sinta Tri Astuti, Monesta Cici Ijan, Suryandari, Febriana Muryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring (online) dan Learning Independence Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa/i STIE “YKP” Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian 95 responden. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh melalui google form link : https://form.gle/um1CLY8pcuGjLM6HA , observasi dan wawancara dan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel sample random sampling.
Hasil uji t menunjukkan bahwa Pembelajaran Daring (online) tidak berpengaruh signifikan terhadap Stres Akademik mahasiswa STIE “YKP” Yogyakarta, dengan nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,407 > 0,05. Learning independence berpengaruh signifikan terhadap Stres Akademik mahasiswa STIE “YKP” Yogyakarta, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,023 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Pembelajaran Daring (online) dan Learning Independence bepengaruh signifikan terhadap Stres Akademik Mahasiswa STIE “YKP” Yogyakarta, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,038 < 0,05. Nilai koeisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,392. Hal ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi atau hubungan antara variabel Pembelajaran Daring dan Learning Independence terhadap Stres Akademik lemah. Sedangkan dari uji terhadap kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel independennya diperoleh nilai koefisien determinasi atau adjusted R square sebesar 0,135. Persamaan linier berganda menunjukkan Y = 54,878 – 0,107 X1 + 0,255 X2 + e. Nilai Adjusted R Square menunjukkan bahwa semua variabel independen mampu menjelaskan Stres Akademik sebesar 13,5% sisanya 86,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring (Online), Learning Independence, Stres Akademik.

Full Text:

Download PDF

References


Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–149.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Remaja Rosdakarya.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Govaerts, S., & Grégoire, J. (2004). Stressful academic situations: Study on appraisal variables in adolescence. European Review of Applied Psychology, 54(4), 261–271.

Hapsari, S., & Canrayani, A. (2013). Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lestari, S. M. P., Oktia, D., & Sudiadnyani, N. P. (2016). Hubungan antara kemandirian dan penyesuaian diri dengan stres pada mahasiswa/i baru angkatan 2015 fakultas kedokteran umum Universitas Malahayati yang merantau di Bandar Lampung. Jurnal Medika Malahayati, 3(2), 65–70.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Ramdani, Anisa. 2021. Pengaruh Pendampingan Ibu Pekerja Harian Lepas dan Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Stres Akademik Siswa Sekolah Dasar. Universitas Al Azhar Indonesia. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Rohmah, W. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Tentang Kompetensi Keguruan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi.

Semiun, Y. (n.d.). Gangguan-gangguan mental yang berat, simtomatologi, proses diagnosis, dan proses terapi gangguan-gangguan mental. (No Title).

Sigarlaki, J. Y. (2014). Hubungan antara adjustment dan social support terhadap stress akademik pada mahasiswa tahun pertama. Thesis Psikologi Pascarjana, Universitas 17 agustus 1945 Surabaya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta (ed.); Pertama). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD (Alfabeta (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101.

Vilmala, B. K. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(2), 145–154.

Wang, C., & Zhao, H. (2020). The impact of COVID-19 on anxiety in Chinese university students. Frontiers in Psychology, 11, 1168.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.8088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics