Signifikansi Digital Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumtif Gen-Z

Tria Ratna Sari, Hendrato Setiabudi Nugroho

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi mendorong inovasi digital pada sektor keuangan, terutama pada penggunaan mobile banking yaitu peralihan sistem pembayaran tunai menjadi non tunai (cashless). Peralihan ini mendorong perubahan gaya hidup masyarakat secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital lifestyle (literasi keuangan, gaya hidup, dan penggunaan transaksi digital) terhadap perilaku konsumtif gen-z. Penelitian kuantitaif ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan kriteria purposive sampling pada mahasiswa yang menggunakan mobile banking berjumlah 102 responden. Analisis data menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan gaya hidup memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif gen-z, sedangkan penggunaan transaksi digital tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif gen-z. Secara bersamaan, literasi keuangan, gaya hidup dan penggunaan transaksi digital mempengaruhi perilaku konsumtif gen-z. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial literasi keuangan dan gaya hidup memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif gen-z, sedangkan penggunaan transaksi digital tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif gen-z. Serta secara simultan, literasi keuangan, gaya hidup, dan penggunaan transaksi digital memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif gen-z.

Full Text:

Download PDF

References


Afriza, A. F. et al. (2024). Analisis Pengaruh Gaya Hidup Berbasis Digital dan Perilaku Konsumtif Terhadap Kesehatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Jurnal Analis, 3(2), 195–205.

Agustin, I. D., & Abidin, F. I. N. (2024). Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Digital Payment dan Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi COVID-19. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 1(4), 15.

Aini, N. Z. et al. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan , Kontrol Diri Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 41–49.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131–140.

Ashilah, F., & Waluyo, B. (2023). Pengaruh Cashless Society, Gaya Hidup dan Tingkat Religiositas Terhadap Perilaku Konsumsi Islami Generasi Z. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 3.

Kusnandar, D. L., & Kurniawan, D. (2020). Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga Dalam Membentuk Perilaku Keuangan Di Tasikmalaya. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 123–143.

Layuksugi, A. A. et al. (2024). Pengaruh Financial Technology Payment dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Toraja ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Manajemen ). Poma Jurnal Publish of Management, 2(1), 1–12.

Maulidah, A. R. et al. (2024). Perkembangan sistem pembayaran digital: Pada era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 798–803.

Mawardi, M. A. et al. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Cashless Society terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Blitar. Eco-Entrepreneur, 9(1), 1–11.

Nainggolan, H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Pekerja Produksi Pt Pertamina Balikpapan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 810–826.

Pasaribu, B. S. et al. (2022). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. In A. Muhaimin (Ed.), UUP Academic Manajemen Perusahaan YKPN. Media Edu Pustaka.

Puspita, Y. C. (2019). Analisis Kesesuaian Teknologi Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen Informatika, 9(2), 121–128.

Rahayu, K. et al. (2023). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3), 290–298.

Ramandati, H. R. A. S. et al. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Cashless Society Analysis of Financial Behavior of Generation Z on Cashless Society. Jurnal Visionida, 7(2), 96–109.

Rozaini, N., & Purwita, S. (2021). Gaya Hidup Dan Hasil Belajar Manajemen Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Niagawan, 10(2), 198–205.

Rumuar, A., & Nugroho, H. S. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Fitur Layanan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking di Kalangan Generasi-Z. Media Mahardhika, 23(1), 190–201.

Sardiyo, S., & Martini, M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kemampuan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online. Owner Riset & Jurnal Akuntansi, 6(3), 3169–3180.

Sari, M. M. et al. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018-2019. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 137–151.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, 6(1), 11–26.

Yustini, R. S., & Prihastuty, D. R. (2024). Exploration Of Digital-Based Consumptive Behavior E-Lifestyle In Generation–Z. Jurnal Ekonomi, 13(03), 302–315.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.9074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics