Pengaruh Online Customer Review Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Lazada

Eka Syarifah, Karyaningsih Karyaningsih

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Online Customer Review dan Kepercayaan terhadap Minat Beli pada Marketplace Lazada. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode slovin dengan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling yang kemudian menghasilkan 100 sampel dari populasi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat dan signifikan antara online customer review dan kepercayaan, variabel online customer review dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, serta variabel online customer review dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

 

Kata Kunci: Online Customer Review, Kepercayaan, Minat Beli

 

Abstract

This study aims to examine the effect of Online Customer Review and Trust on Buying Interest on the Lazada Marketplace. The research was conducted using descriptive and verification methods, namely collecting, presenting, analyzing and testing hypotheses and making conclusions and suggestions. Samples were collected using the slovin method with nonprobability sampling technique with purposive sampling which then produced 100 samples from the existing population. The results show that there is a fairly strong and significant correlation between online customer review and trust, online customer review and trust variables partially have a positive and significant effect on buying interest, and online customer review and trust variables simultaneously have a positive and significant effect on buying interest.

 

Keywords: Online Customer Review, Trust, Buying Interest


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arbaini, P. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.3897

Ichsan, M., Jumhur, H. M., Hum, M., & Dharmoputra, I. S. (2018). PENGARUH CONSUMER ONLINE RATING AND REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI WILAYAH DKI JAKARTA EFFECT OF CONSUMER ONLINE RATING AND REVIEW TO BUYING. 5(2), 1828–1835.

Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16

Sri Damayanti, R. (2019). Pengaruh Online Customer Review and Rating, Eservice Quality Dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Marketplace Shopee.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cetakan 25). Alfabeta.

Tilaar, F., Roring, F., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2018). SHOPPE SECARA ONLINE PADA ANGGOTA PEMUDA GMIM ZAITUN MAHAKERET THE INFLUENENCE OF TRUST AND MOTIVATION TO USERS SHOPPE INTEREST IN BUYING ONLINE FOR THE MEMBERS OF THE YOUTH GMIM ZAITUN MAHAKERET. 6(4), 2028–2037.

Sumber Website :

https://databoks.katadata.co.id/ (diakses pada tanggal 11 Februari 2021 pukul 21.54 WIB)

https://www.google.com/amp/s/mediakonsumen.com/2020/02/10/surat-pembaca/lazada-tempat-para-penipu/amp (diakses pada Tanggal 17 Maret 2021, Pukul 21:00 WIB)

https://inet.detik.com/security/d-5078857/cerita-korban-penipuan-di-lazada-uang-jutaan-melayang (diakses pada Tanggal 17 Maret 2021, Pukul 21:00 WIB)

https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (diakses pada 12 Februari 2021, Pukul 20:45 WIB)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.1043

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter