Penerapan Analisa Fundamental dan Technical Analysis Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Keinginan Investasi Mahasiswa di Pasar Modal Syariah

Andi Runis Makkulau, Indira Yuana

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis cara analisa instrument investasi di pasar modal syariah dengan menggunakan analisa fundamental dan technical analysis agar mahasiswa mempunyai pemahaman sebelum melakukan investasi sehingga keinginan investasi mahasiswa semakin meningkat.

            Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang permasalahan bahwa pada saat ini kegiatan investasi di pasar modal syariah semakin berkembang dengan pesat. Berdasarkan data pada pasar modal syariah menunjukkan bahwa pertumbuhan investor semakin meningkat. Hal ini mengindikasikan bahwa investasi di pasar modal syariah dijadikan tempat oleh masyarakat dalam menempatkan modal mereka untuk berinvestasi. Hal ini terjadi pula pada kalangan mahasiswa di perguruan tinggi dimana keinginan investasi mahasiswa untuk menjadi investor di pasar modal syariah semakin berkembang. Namun, sebelum para mahasiswa mengambil keputusan untuk berinvestasi di pasar modal syariah, mahasiswa tersebut perlu mengetahui beberapa analisis investasi yang penting untuk mereka lakukan sebelum berinvestasi. Hal ini bertujuan agar mahasiswa tidak mengalami kerugian yang cukup besar dan mampu meminimalkan resiko jika berinvestasi. Secara garis besar, mahasiswa sebagai investor dapat melakukan dua bentuk analisis sebelum berinvestasi yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

            Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menjelaskan penggunaan metode analisis fundamental dan technical analysis bagi mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan meningkatkan keinginan berinvestasi di pasar modal syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan analisa fundamental dan technical analysis dapat mengembangkan keinginan mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal syariah dan analisa kedua analisa telah dijadikan dasar pengambilan keputusan oleh mahasiswa sebelum berinvestasi.

 

Kata Kunci: Analisa Fundamental; Technical Analysis; Keinginan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rabiatul, A. (2014). Analisis Fundamental dan Valuasi Saham Dengan Pendekatan Discounted Cash Flow (DCF) Menggunakan Metode Free Cash Flow To Firm (FCFF)(Studi Empiris Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Asthri, D. D. P., & Sulasmiyati, S. (2016). Analisis Teknikal Dengan Indikator Moving Average Convergence Divergence untuk Menentukan Sinyal Membeli dan Menjual Dalam Perdagangan Saham (Studi Pada Perusahaan Sub Sekto Makanan Dan Minuman Di Bei Tahun 2013-2015). Jurnal Administrasi Bisnis, 33(2), 41-48.

Sukmawati, A., & Sutanto, J. A. (2017). Analisis Fundamental Keputusan Investasi Saham Berdasarkan Earning Per Share (EPS). Jurnal VOK@ SINDO, 5(2), 42-55.

Pandansari, F. A. (2012). Analisis faktor fundamental terhadap harga saham. Accounting Analysis Journal, 1(1).

Ady, S. U. (2017). Analisis Fundamental, suku bunga, dan Overconfidence terhadap pengambilan keputusan investasi pada investor di Surabaya. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen,, 1(2), 138-155.

Halim, Abdul. 2015. Analisis Investasi dan Aplikasinya. Jakarta. Salemba Empat.

May, Ellen. 2010. We Are Traders Not Gamblers. Jakarta: Vibby Printing

Ong, Edianto. 2012. Technical Analysis for Mega Profit. Edisi 8. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Yuliati, L. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat berinvestasi sukuk. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 103-126.

Nurlita, A. (2015). Investasi di pasar modal syariah dalam kajian Islam. Kutubkhanah, 17(1), 1-20.

Suardikha, S., Made, I., Budiartha, I. K., & Tandio, D. R. (2014). Pengaruh Modal Investasi Minimal Di BNI Sekuritas, Return Dan Persepsi Terhadap Risiko Pada Minat Investasi Mahasiswa, Dengan Penghasilan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Magister di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3, 44699.

Setiawan, B. (2017). Perbandingan Kinerja Pasar Modal Syariah Dan Konvensional: Suatu Kajian Empiris Pada Pasar Modal Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 35-40.

Kurniawan, R. D., & Asandimitra, N. (2014). Analisis Perbandingan Kinerja Indeks Saham Syariah dan Kinerja Indeks Saham Konvensional. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1356-66.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, 2017, Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Cetakan 2017. Penerbit Ekonesia, Yogyakarta.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama Cetakan Kesebelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

www.ipotindonesia.com




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1061

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter