Strategi Pemasaran Franchise Dalam Meningkatkan Pendapatan Dimasa Pandemi Covid 19

Ami Nurhayati, Astriwati Astriwati

Sari


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran  yang paling tepat digunakan dalam meningkatkan pendapatan dan melihat sejauh mana keberhasilan strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan ditengah masa-masa sulit seperti masa pandemi Covid 19 saat ini. Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang sedang terjadi didunia pelaku usaha saat ini, yang mana hampir seluruh pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan diakibatkan wabah pandemi covid 19 tak terkecuali perusahaaan franchise dikota Kenadari. Banyak pelaku usaha mencari cara bagaimana bertahan dan survive dari bencana ini. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan.Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar

 

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan strategi-stratgi pemasaran yang tepat digunakan dimasa pandemic covid 19, melalui hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Franchise dalam meningkatkan pendapatan yang tepat digunakan selama pandemic covid 19 ini yaitu strategi  pemasran melalui penjualan secara langsung dan staretigi pemasran melalui media cetak dan elektronik serta melakukan discount.

 

Kata Kunci: Strategi pemasran,franchise dan Pendapatan

Abstract

The purpose of this study is to find out the most appropriate marketing strategy to use in increasing revenue and to see how successful the marketing strategy is in increasing revenue in the midst of difficult times such as the current Covid 19 pandemic. This research is based on a phenomenon that is currently happening in the world of business actors, where almost all business actors have experienced a decrease in income due to the COVID-19 pandemic, including franchise companies in the city of Kendari. Many business actors are looking for ways to survive and survive this disaster. Therefore, the marketing strategy has a very important role for the success of the company. In addition, the marketing strategy applied must be reviewed and developed in accordance with market developments and the market environment. The marketing strategy must be able to provide a clear and directed picture of what the company is doing in using every opportunity or combination of several target markets.

 

The data analysis method used in this study is descriptive qualitative, namely by explaining the appropriate marketing strategies used during the COVID-19 pandemic, through interviews and observations. The results showed that the Franchise marketing strategy in increasing revenue that was appropriate to be used during the covid 19 pandemic was a marketing strategy through direct sales and marketing strategies through print and electronic media as well as discounting.

 

Keywords: Marketing Strategy, Franchise and Revenue

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(1), 73-92.

Selawati, D., & Rosa, T. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan rumah Di Aitami Residence Jatiranggon. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 10-19.

Yunaida, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 688-699.

Yuswanto, S. (2019). Merek Nafas Waralaba. Deepublish

Al farisi, M. H. (2019). Strategi Marketing Mix Melalui Sistem Waralaba Dan Media Sosial Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada CV Denov Putra Brilian Tulungagung (Perspektif Ekonomi Islam).

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83-96.

Nurlette, U. A., Sobari, A., & Kosim, A. M. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) Dalam Meningkatkan Pendapatan Bank (Studi Kasus Bank BJB Syariah Cabang Bogor). Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 201-242.

Prastiwi, Q. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Pabrik roti Alfaris Bakery Medan (Doctoral dissertation.

Agusri, Pengaruh Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Mebel Barokah Tanjung Karang Karangan Kab. Muara Enim, Jurnal MediaWahana Ekonomi, Vol. 16 No.3, Oktober 2019, hal. 195-196, diakses pada tanggal 13 September 2021, Pukul 10.00




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter