Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kost Di Wilayah Daya

Rosnaini Daga, Bahtiar Maddatuang, Hasnita Hasnita

Sari


Abstrak

Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Untuk menguji instrumen digunakan pengujian validitas dan teknik reliabilitas. Jawaban-jawaban kuesioner tersebut dianalisis dengan rumus analisis persentase, analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik, uji t, serta uji F menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk/jasa, promosi, orang dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, sedangkan harga, lokasi, dan fasilitas fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Namun secara simultan produk/jasa, harga, lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Kost di wilayah daya menunjukkan bahwa keputusan konsumen dalam memilih dapat dijelaskan oleh produk/jasa, harga, lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses, dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini..

 

Kata Kunci: Keputusan Konsumen, dan Bauran Pemasaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasan pelanggan. Global Research And Consulting Institute

Daga, R. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENDEPOSITKAN DANANYA MELALUI TABUNGAN BRITAMA JUNIO PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. KANTOR CABANG TAMALANREA. AKMEN Jurnal Ilmiah, 13(2).

Daga, R., & Renaldy, R. (2019). Faktor yang mempengaruhi terjadinya retur surat perintah pencairan dana (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Makassar I). Jurnal Mirai Management, 4(2), 243-262.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C., dan Wirtz, J. 2016. Services Marketing: People, Technology Strategy. New York: World Scientific Publishing Co.Inc

Primanda, P. A., Santoso, E., dan Afirianto, T. 2018. Pemilihan Kost Disekitar Universitas Brawijaya Menggunakan Metode AHP dan SAW. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(6) 1-2. Diakses (1 Mei 2021) dari http://j- ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1616.

Simanjuntak, Elisha L. J. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Kos Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahaiswa FEB. Vol.7. No.1.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).

Bandung: Alfabeta

--------- 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Susilowati. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Universitas Pakuan Dalam Memilih Rumah Kost. Jurnal Komunikasi. Vol.6. No.2.

Tampubolon, Vivi. 2018. Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Dalam Memilih Jasa Rumah Kos Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Yogyakarta: CV Andi.

---------. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Yogyakarta: CV Andi Zeithaml,

Valarie A. dan Bitner, Mary Jo. (2013). Services Marketing : Integrating Customer Focus Across The Firm. Sixth Edition.

McGraw-Hill. New York.

P. (2013). Manajemen Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Djuniar, L. (2019). Pengaruh Profitabillitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Pajak. Jurnal Akuntanika, 5(2), 67–77.

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan. PT Grasindo.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada.

Madya, E. (2021). Pengaruh Return on Asset, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance. YUME (Jurnal of Management), 4(2)(2), 293–305. https://doi.org/10.37531/yum.v11.75

Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Revisi (Revisi). Penerbit Andi.

Mutia Dianti Afifah, & Mhd Hasymi. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Intensitas Aset Tetap dan Fasilitas Terhadap Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif. Journal of Accounting Science, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.21070/jas.v4i1.398

Suandy, E. (2011). Perencanaan Pajak (5th ed.). Salemba Empat.

Widyana, F. N., & Kosasih. (2021). YUME : Journal of Management Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang. 4(1), 217–228. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.776




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1107

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter