Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Ekonomi Kreatif terhadap Keberhasilan Usaha Kuliner di Likupang Kabupaten Minahasa Utara melalui Minat Berwirausaha

Siane Diana Sahari, Freddy Kawatu, Allen Manongko, Edwin Wantah, Jerry Wuisang

Sari


Abstarct

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh status social dan ekonomi kreatif terhadap keberhasilan usaha kuliner di Likupang kabupaten Minahasa Utara melalui minat berwirausaha penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan mengunakan sampel 101 yang ditentukan dengan mengunakan rumus slovin. Hasil dari penelitian ini yaitu Status sosial bepengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha kuliner di likupang. Artinya jika status sosial menjadi lebih baik maka minat berwirausaha kuliner di likupang akan menjadi labih baik. Ekonomi kreatif bepengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha kuliner di likupang. Artinya jika ekonomi kreatif di likupang menjadi lebih baik maka minat berwirausaha kuliner di likupang akan menjadi labih baik. Status sosial bepengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner di likupang. Artinya jika status sosial menjadi lebih baik maka keberhasilan usaha kuliner di likupang akan menjadi labih baik. Ekonomi kreatif bepengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner di likupang. Artinya jika ekonomi kreatif dipahami dan dilakukan dengan baik maka keberhasilan usaha kuliner di likupang akan menjadi labih baik. Minat berwirausaha bepengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner di likupang. Artinya jika minat berwira usaha meningkat maka keberhasilan usaha kuliner di likupang akan menjadi labih baik. Status sosial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner di likupang melalui minat berwirausaha. Ekonomi kreatif berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner di likupang melalui minat berwirausaha.

Keywords: Status Sosial, Ekonomi Kreatif, Minat Berwirausaha dan Keberhasilan Usaha

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, suharsimi. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: rineka cipta.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: alfabet

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&b. Bandung: alfabeta.

Ajzen, i. (2005). Attitudes, personality and behavior (2nd edition). London: licencing agency ltd.

Aprilianty, e. 2012. Pengaruh potensi kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan dan motivasi lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa smk rumpun pertanian di daerah istimewa yogyakarta. Diakses pada tanggal 21 september 2019 pukul 06.00, dari : jurnal jepk doi http://dx.doi.org/89757/jepk. Vol.2. No.2. P117-131.

Kuncoro, mudrajat, edisi 4. Metode riset untuk bisnis & ekonomi,bagaimana meneliti dan menulis tesis , erlangga , jakarta.

Mubassaroh, s., & edwina, t. N. (2014). Hubungan antara pengetahuan tentang kewiraswastaan dan dukungan orang tua dengan minat berwiraswasta pada siswa smk negeri 2 wonosari. Jurnal ilmiah guru “cope”, (2), 62-72.

Mukhamad zulianto dkk, 2014. Pengaruh efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan tata niaga fakultas ekonomi universitas negeri malang tahun 2013. Jurnal pendidikan insan mandiri: vol.3 no.1. Dipetik 06 20, 2017 dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/articel/view/6817

Permata, n. D. (2014). Hubungan antara adversity intelligence dan intensi berwirausaha pada mahasiswa prodi psikologi universitas islam indonesia. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: universitas islam indonesia.

Putra, r. A. (2012). Faktor-faktor penentu minat mahasiswa manajemen untuk berwirausaha. Jurnal manajemen, 01(01), 1–15.

Riyanti. (2003). Kewirausahaan dari sudut pandang psikologi kepribadian. Jakarta : grasindo.

Siswadi, y. (2013). Analisis faktor internal, faktor eksternal dan pembelajaran kewirausahaan yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha. Jurnal manajemen dan bisnis, 13 (01) 1-17.

Siswanto, agus. (2014). Pembelajaran kewirausahaan pada pendidikan tinggi. Jurnal ilmiah civis, (iv), 2, hlm. 594-606.

Soekanto, soerjono. 2003. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta : yayasan penerbit universitas indonesia.

Sukirno, s. 2006. Ekonomi pembangunan; proses, masalah dan dasar kebijakan. Jakarta: kencana prenada media group.

Sumardi, m. 2004. Kemiskinan dan kebutuhan pokok. Jakarta: rajawali jakarta.

Suryana. 2013. Ekonomi keatif, ekonomi baru: mengubah ide dan menciptakan peluang. Jakarta: salemba empat.

Salim, peter. 1995. Kamus bahasa indonesia kontemporer. Jakarta: modern inggris pers.

Sudjana. Teknik analisis regresi dan korelasi bagi peneliti. Bandung : tarsito

Wulandari, s. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas xii di smk n 1 surabaya. Jurnal pendidikan tata niaga. Diakses dari ejournal.unesa.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1143

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter