Model Pembelajaran Online Mengggunakan Media Google Formulir dengan Kolaborasi Plugin QR Qode Maker dan Timer Proctor

Wa Ode Sitti Nur Insani

Sari


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat model pembelajaran dan menerapkan sistem pembelajaran online menggunakan media google formulir yang dikolaborasikan dengan plugin/pengayah QR Qode Maker dan Timer Proctor. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan bahwa pada saat ini kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi dilakukan dengan malakukan proses pembelajaran online atau E-learning. Hal ini dilakukan perguruan tinggi karena maraknya penyebaran virus corona yang sudah hampir setahun mengganggu kelancaran aktivitas sosial termasuk dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Kondisi pandemi virus corona membuat proses pembelajaran dikelas ditiadakan dan digantikan dengan pembelajaran online. Pembelajaran online atau sering disebut dengan E-learning  merupakan solusi pembelajaran di perguruan tinggi pada masa pandemi sekarang. Untuk mendukung sistem pemebelajaran ini maka berbagai media pembelajaran telah digunakan khususnya bagi pengajar yang berada di perguruan tinggi.

            Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan membuat model pembelajaran online menggunakan media google formulir yang dan ditambahkan berbagai fitur tambahan (plugin) yang berguna dalam mendukung proses pembelajaran online di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran online menggunakan media google formulir dengan tambahan plugin QR Qode Maker dan Timer Proctor sangat membantu proses pembelajaran mahasiswa yang berjalan dengan lebih efisien selama masa pandemi covid-19.

 

Kata Kunci: Pembelaran Online; Google Formulir; Pengayah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221167.

http://gastor24.blogspot.com/2018/12/apa-itu-google-form-kelebihan.html). Diakses 29 Oktober 2020.

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M. S. (2018). Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi. or. id. SISFOTENIKA, 8(2), 128-139.

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Saktiono, M. A. (2019). Penerapan Google Form Untuk Evaluasi Kehadiran Perkuliahan Taruna-Taruni Teknika PDP UHT. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 9(2), 113-119.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1).

Fatah, A. N., Kurniawan, D., & Irawati, A. R. (2016). Pengembangan Plugin Penjadwalan Seminar Pada Web Jurusan Ilmu Komputer Berbasis Wordpress. Jurnal Komputasi, 4(1).

Faleddo, G. R., Martanto, C. T., Muhammad, H., & Widowati, F. U. (2014). Pembuatan Web-Api Dan Plugin CMS Untuk Konten Fitering Pada Web Menggunakan Algoritma Levenhstein Distance. PKM-KC.

Mawaddah, K. (2018). QUICK RESPONSE CODE (QR CODE)-ASSISTED INTERACTIVE MEDIA ON PTERYDOPHYTA FOR HIGH SCHOOL STUDENT. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 23-30.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1151

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter