Merdeka Belajar dalam Keterampilan Berbahasa Secara Efektif

Enny Corry Setiyawati, Harol Refly Lumapow, , Jeffry Sony Junus Lengkong, Viktory Nicodemus Joufree Rotty, Ignatius Javier Couturier Tuerah

Sari


ABSTRAK

Kemerdekaan adalah satu kata yang tidak asing lagi yang sering dimaknai dengan kebebasan  dalam  arti yang  sesunguhnya.  Yang menjadi permasalahannya adalah masih banyak kita melihat upaya pengekangan dimana-mana, khususnya dalam pendidikan. Guru dan murid belum merasakan otonomi yang cukup untuk menentukan arah kebijaksanaan belajar dan mengajarnya karena masih diatur dengan regulasi yang membuat rencana, proses pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan terkesan dibatasi dan mengikat. Tidak jarang, kita melihat dengan aturan jam pelajaran yang harus penuhi, membuat guru dan siswa tidak bisa fokus dalam pembelajaran. Sementara, kesejahteraan belum juga sesuai dengan tuntutan yang begitu tinggi yang dipersyaratkan  oleh  pihak pembuat kebijakan,  misalnya harus melengkapi semua perangkat pembelajaran, membuat karya ilmiah, kewajiban melaksanakan tri-dharma perguruan tinggi bagi dosen dengan mempersyaratkan harus mempublish artikel ke jurnal Scopus. Komponen pendidikan adalah satu kesatuan yang   harus   saling berkontribusi  dan  harus  saling  mendorong  atau  membantu, karena bagaimanapun tugas pendidikan adalah bagian dari pengaplikasian fungsi sosial. Berdasarkan fenomena dan gambaran umum tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat artikel tentang Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi.

 

Kata kunci: Kompetensi, Budaya, Komitmen dan Kinerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Palyono. M, 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Sa’dullah,Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al Fabeta. Syafril, dkk. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Prenada.

https://nasional.kompas.com/read/2019/12/14/14154601/nadiem-beberkan-konsep- merdeka- belajar-ini-3-catatan-dari-pgri

https://nasional.tempo.co/read/1283493/nadiem-makarim-merdeka-belajar-adalah- kemerdekaan-berpikir/full&view=ok




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.1203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter