Analisis Perbedaan Financial Literacy berdasarkan Perspektif Gender (Studi Kasus pada Nasabah PT. Bank BNI Persero Tbk. Cabang Parepare)

Muhammad Nurhadi N., Andi Hidayat

Sari


Potensi pengeluaran keuangan menjadi tinggi dan tidak bermanfaat untuk masa depan jika tidak diiringi dengan pemahaman dan keterampilan yang baik terhadap pengelolaan keuangan. Seseorang wajib memiliki pengetahuan dalam mengatur dan mengelola keuangan untuk mencapai kesejahteraan (Lusardi & Mitchell, 2007). Nasabah pada lembaga keuangan berdasarkan jenis kelamin, belum tentu memiliki tingkat financial literacy yang sama.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan financial literacy nasabah PT. Bank BNI Persero Tbk., Cabang Parepare berdasarkan gender. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan membandingkan ada atau tidak adanya perbedaan financial literacy yang ditinjau dari sudut pandang gender pada nasabah lembaga keuangan perbankan. Penelitian ini menggunakan sampel minimal sebanyak 96 responden yang merupakan nasabah perbankan.

Untuk menjawab permasalah pada penelitian ini maka dilakukan uji hipotesis dengan analisis komparatif yang dapat diselesaikan melalui uji beda rata-rata. Uji beda rata-rata dilakukan untuk membandingkan financial literacy dalam sudut pandang gender (laki-laki dan perempuan). Uji beda rata-rata dapat dilakukan dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan financial literacy berdasarkan perspektif gender pada nasabah PT. Bank BNI Persero Tbk. Cabang Parepare.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajzen, I. (2002). Perceived Behavioural Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and The Theory of Planned Behaviour. Journal of Applied Social Psychology, 32(4), 665–683.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behaviour.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Carpena, F., Cole, S., Shapiro, J., & Zia, B. (2011). Unpacking the Casual Chain of Financial Literacy. World Bank. http://documents.worldbank.org/curated/en/329301468322465624/%0AUnpacking-the-causal-chain-of-financial-literacy

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An Analysis of Personal Literacy among Collage Students. Financial Service Review, 2(7), 107–128.

Chen, H., & Volpe, R. P. (2002). Gender Differences in Personal Financial Literacy Among Collage Students. Financial Service Review, 1(11), 289–307.

Endres, M. L., Chowdhury, S. K., & Alam, I. (2008). Gender Effects on Bias in Complex Financial Decision. Journal of Management Issues, 20(2), 238–254.

Hayhoe, C. R., Leach, L. J., Tunner, P. R., Bruin, M. J., & Lawrance, F. C. (2000). Difference in Spending Habits and Credit use of Collage Students. Journal of Consumer Affairs, 34(1), 113–133.

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316.

Kiyosaki, R. T. (2008). Increase Your IQ Financial. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Krishna, A., Rofaida, R., & Sari, M. (2010). Analisis Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhiya (Survey pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia). 4th International COnference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, 8–10.

Laily, N. (2013). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Mengelola Keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(4).

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2007). Baby Boomer Retirement Security: The Roles of Planning, Financial Literacy, and Housing Wealth. Journal of Monetary Economy, 1(54), 205–224. http://www.dartmouth.edu/~alusardi/%0APapers/Financial_Literacy.pdf

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Inklusi Keuangan pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 76.

Nababan, D., & Sadalia, I. (2012). Analisis Perosnal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Nurhaeni, I. D. (2009). Kebijakan Publik Pro Gender. UNS Press.

Pesudo, B. C. A. (2013). Apakah Mahasiswa Sudah Melek Keuangan? Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana Salatiga. Universitas Kristen Duta Wacana.

Purwati, E., & Asrorah, H. (2005). Bias Gender dalam Pendidikan Islam. Alpha Surabaya.

Remund, D. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for A Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs, 2(44), 276–295.

Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Alfabeta.

Rohmah, A. N. (2014). Perbedaan Financial Literacy Mahasiswa Pelaku Usaha di Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Berdasarkan Gender. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sasongko, S. S. (2009). Konsep dan Teori Gender. Pusat Pelatihan Gender dan Peningkatan Kualitas Perempuan.

Septiani, N. (2013). Melek Finansial dan Spending Habits berdasarkan Jenis Kelamin (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana). Universitas Kristen Satya Wacana.

Smith, & et al. (2007). Costumer Value Creation: A Practical Freamwork. Journal of Marketing Theory and Practice. www.proquest.com/pdqweb

Sommer, L. (2011). The Theory of Panned Behaviour and The Impact of Past Behaviour. International Business & Economics Research Journal, 10(1).

Stendardi, E. J., & Judy, F. G. (2006). The Impact of Gender on The Personal Financial Planning Process. 22(4), 223–238.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Umar, N. (2001). Argumen Kesetaraan Gender Perspektif Islam. Paramedina.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1210

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter