Strategi Pemasaran Produk UMKM melalui Aplikasi Online di Tengah Pandemi Covid-19

Imran Tahalua, Nur Fadny Yuliani Danial, Syafrimansyah Syafrimansyah

Sari


Abstrak

Covid-19 telah merontokkan ekonomi Indonesia pada hampir semua sektor, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor UMKM mempunyai peranan penting dalam pembangunan dan  pertumbuhan  ekonomi. Penelitian ini dilakukan di kota Makassar dengan tujuan untuk memetakan kebijakan pemerintah dalam memperkuat UMKM tersebut dan memetakan strategi jangka pendek dan jangka panjang yang diperlukan sebagai pelengkap kebijakan tersebut. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah merumuskan model penjualan produk berbasis aplikasi online pada usaha sektor UMKM di kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan para pelaku UMKM di kota Makassar dalam meningkatkan omset penjualan menggunakan beberapa sistem pemasaran digital atau sistem pemasaran online, seperti media sosial Facebook, Instagram, Twiter, WhatsApp, Line, Tiktok, Telegram, dll., Selain itu, pelaku UMKM memasarkan produknya melalui Market Palce, seperti Makassar dagang, Lazada, Shopee, Buka Lapak, Tokopedia, JD.ID, BliBli.com, aplikasi Grab (food), dan aplikasi Gojek (Gofood). Oleh karena melalui sistem pemasaran digital atau sistem pemasaran online produk-produk dari UMKM dapat lebih dikenal oleh masyarakat, pemesanan bisa dilakukan secara online, sehingga dapat memudahkan pembeli dan pelaku UMKM dalam bertransaksi jual beli di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Kata kunci: Strategi penjualan; Produk UMKM; Aplikasi online

Abstract

Covid-19 has knocked down the Indonesian economy in almost all sectors, especially Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM). The UMKM sector has an important role in economic development and growth. This research was conducted in the city of Makassar with the aim of mapping government policies in strengthening these UMKM and mapping out the short-term and long-term strategies needed to complement these policies. The long-term goal in this study is to formulate a product sales model based on online applications in the UMKM sector business in the city of Makassar. The results of the study show that UMKM actors in the city of Makassar in increasing sales turnover use several digital marketing systems or online marketing systems, such as social media Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Line, Tiktok, Telegram, etc.. In addition, UMKM actors market their products. through Market Palce, such as Makassar trade, Lazada, Shopee, Buka, Tokopedia, JD.ID, BliBli.com, Grab application (food), and Gojek application (Gofood). Because through a digital marketing system or online marketing system, products from UMKM can be better known by the public, orders can be made online, so that it can make it easier for buyers and UMKM actors to make buying and selling transactions in the midst of the current COVID-19 pandemic.

Keywords: Sales strategy; UMKM  products; Online application

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, Zainal Abidin, dkk. (2020). “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik”. E-journal. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 10, No. 1, April 2020.

Avriyanti, S. (2021). "Strategi bertahan bisnis di tengah pandemi covid-19 dengan memanfaatkan bisnis digital (studi pada ukm yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Tabalong)". Jurnal Stiatabalong.

Gregorius Rio Alfrian, E. P. (2020). Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6. Seminar Masional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE).

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). "Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif". Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Hardilawati, Wan Laura. (2020). “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19”. E-journal. Jurnal Akuntansi dan Akademika. Vol. 10 No. 1, Juni 2020.

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012) Principles of Mark eting (15th ed.). Pearson Education Limited.

Prabowo, W. A. (2018). “Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur”. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. Jurnal Pemberdayaan Masyarak at Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya (Arita L (ed.)). Grasindo. Tjiptono, Fandi (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). "Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif". Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1220

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter