Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tokopedia

Kaspiyatul Mardhiyyah, Arif Fadilla

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tokopedia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 130 orang. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan aplikasi Tokopedia atau yang mengetahui tetang aplikasi Tokopedia. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dengan menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara (X1) dan (X2) terhadap (Y) dengan nilai pengaruh masing-masing sebesar 28,9% untuk X1 dan 24,8% untuk X2. Pengaruh secara parsial X1 Terhadap Y sebesar 0,289 atau 28,9%, dan X2 Terhadap Y sebesar 0,248 atau 24,8%%. Maka dapat dinyatakan bahwa Kualitas Layanan Elektronik lebih banyak memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian dibandingkan dengan Variabel lainnya. Pengaruh simultan Kualitas Layanan Elektronik dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 0,487 atau 48,7% sedangkan sisanya 51,3% merupakan variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci: Kualitas Layanan Elektronik, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kotler, & Kevin Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (12th ed.).

Kotler, Philip, & G, A. (2015). Marketing An Introduction Prentice Hall Twelfth Edition.

Nurdiansyah Haris & Robbi Saepul Rahman. (2018). Manajemen Pemasaran. Diandra Kreatif.

Pedoman Penulisan Skripsi S1 Manajemen (8th ed.). (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sugiyono, S (2014). Metode peneltian kuantitatif , Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, S (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Amel, A. F. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 201–223.

Anet Ermi Novia, P. N. M. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Coffee Shop Terfavorit Di Kota Bandung Tahun 2018.” E-Proceeding of Management, 6(1),1198–1204.

Argitama. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Gopay (Studi Pada Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Semarang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53m(9), 1689–1699.

Fiona, D. R. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada pelanggan Gopay di Jabodetabek). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 37.

Gugum Gumilang Wirakanda, ST., M., & Pardosi, A. S. (2020). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Blibli.Com). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10, 1–11.

Ihsan, M., & Siregar, A. P. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(1), 170. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.85

Jacklin, Mongilala Priscilia R, Mandey, S., & Jeffry Tampenawas. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 431–440. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22384

Labibah, Z. (2018). Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Daring Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Pembelian Ulang Pada Pemesanan Hotel Di Situs Traveloka.

Mesi Alia Amanda. (2018). Analisis Kontribusi Periklanan, Penjualan Pribadi Serta Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Corporate Booker di Axia South Cikarang. Fakultas Bisnis, 53(9), 1689–1699.

Mustofa, Gandis Wilujeng. 2018. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Facebook dan Kebijakan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada RDM. Jurnal Aplikasi Bisnis E-ISSN: 2407-5523.

Nasir, M. (2017). Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Pada Situs Online Di Website Zalora. Co. Id di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(1).

Nonik Ismayanti, N. W., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2015). Pengaruh Kepercayaan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Akomodasi Di Bali Pada Situs Booking.Com. Jurnal IPTA, 3(2), 56. https://doi.org/10.24843/ipta.2015.v03.i02.p10

Perwira, B., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya yang Melakukan Transaksi Pembelian Online dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 46–54.

Putriani Susi. (2019). Pengaruh kemudahan berbelanja dan e-service quality terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada minat beli ulang di situs jual beli online lazada indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

Rahman Ayu. (2019). Analisis Hubungan E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Yang Di Mediasi Oleh Customer Perceived Value (Studi Kasus pada Pelanggan Toko Online Tokopedia). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 2019.

Simon, Kwok and Uncles Mark. (2015). Sales Promotion Effectiveness: the impact of consumer differences at an ethnic-group level. Journal of Product & Brand Management, 170–186, Emerald Group Publishing Limited (DOI 10.1108/10610420510601049)

Wibowo, S. F., Raidah, R. A., & Rahmi. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Service Value terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia,10(1), 148–166.

Widyastuti, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food ( Studi Pada Pengguna Gojek Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1272–1278.

https://www.statista.com/ (Diakses pada tanggal 27 November 2020 pukul 15.03 WIB)

https://databoks.katadata.co.id/ (Diakses pada tanggal 27 November Pukul 16.oo WIB)

https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (Diakses pada tanggal 19 Maret 2021)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.1224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter