Analisis Service Quality dan Sarana Prasarana terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien BPJS pada RSUD Nene Mallomo Sidrap
Sari
Abstrak
Hadirnya program BPJS kesehatan bagi masyarakat di Indonesia, justru melahirkan berbagai permasalahan. Salah satunya mengarah kepada service quality yang dianggap masih terdapat perbedaan perilaku pelayanan antara pasien BPJS dan pasien Umum. Terlebih lagi jika dilihat dari sarana prasarana rumah sakit, dimana beberapa rumah sakit justru kurang memiliki sarana prasarana yang memadai dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi pasienOlehnya itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah service quality dan sarana prasarana berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien BPJS. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nene Mallomo Kabupaten Sidrap, khususnya terhadap pasien pengguna BPJS. Sampel yang diteliti yakni sebanyak 100 orang pasien. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa service quality dan sarana prasarana secara parsial maupun secara simultan berdampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap. artinya, semakin baik service quality serta sarana prasarana yang semakin lengkap maka pasien akan semakin merasa puas. Olehnya itu, penelitian ini diharapkan mampu memberikan solusi yang tepat dalam menangani permasalahan kepuasan pasien BPJS di RSUD Mallomo Kabupaten Sidrap, baik dilihat pada aspek service quality maupun terkait dengan sarana prasarana rumah sakit.
Kata Kunci: Service Quality, Sarana Prasarana, Kepuasan Pasien.
Abstract
The presence of the BPJS health program for the people in Indonesia, actually gave birth to various problems. One of them leads to service quality which is considered to still have differences in service behavior between BPJS patients and general patients. Moreover, when viewed from hospital infrastructure, where some hospitals actually lack adequate infrastructure in providing the best health services for patients. Therefore, the purpose of this study is to analyze whether service quality and infrastructure have an effect on increasing BPJS patient satisfaction. . This research was conducted at the Regional General Hospital (RSUD) Nene Mallomo, Sidrap Regency, especially for patients using BPJS. The samples studied were 100 patients. Data analysis and hypothesis testing were carried out using the Multiple Linear Regression Analysis technique. The results of the research that have been carried out have found that service quality and infrastructure partially or simultaneously have a positive and significant impact on BPJS patient satisfaction at Nene Mallomo Hospital, Sidrap Regency. that is, the better the service quality and the more complete the infrastructure, the more satisfied the patient will be. Therefore, this research is expected to be able to provide the right solution in dealing with BPJS patient satisfaction problems at Mallomo Hospital, Sidrap Regency, both in terms of service quality aspects and related to hospital infrastructure.
Keywords: service quality; infrastructure; patient satisfaction.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Badjamal, F. A. (2014). Pengaruh Kompotensi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap Kelas 3 Pada Rsud Palu. Katalogis, 2(7).
Hair, J. F., Celsi, M., Ortinau, D. J., & Bush, R. P. (2010). Essentials of marketing research (Vol. 2). New York, NY: McGraw-Hill/Irwin.
Hermawanti, P. Y. (2017). Pengaruh Kinerja Dan Kelengkapan Fasilitas Pelayanan Medisterhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Kesehatan Di Puskesmaswindusari Kabupaten Magelang. Adinegara, 6(1), 57-66.
Lontaan, V., Rumayar, A. A., & Tucunan, A. A. (2019). Hubungan antara Persepsi Pasien Terhadap Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. KESMAS, 7(5).
Putri, A. D., Pascarani, D., Nyoman, N., Wismayanti, D., & Wiwin, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar. Citizen Charter, 1(1).
Ristiani, I. Y. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Jalan Unit Poliklinik IPDN Jatinangor). Coopetition, 8(2), 155.
Riswardani, Y. T. (2013). Pengaruh Fasilitas, Biaya Rawat Inap Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Saleh. (2010). Kualitas Pelayanan, Edisi Pertama. Jakarta: Universitas Indonesia.
Tjiptono, Fandy. dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andy Offset.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management. Yogyakarta: Andy Offset.
Wahyuningrum. (2010). Manajemen Fasilitas. Decentralized Basic Education. Jakarta
Waluyo, G. E. (2010). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat INAP RSUD Kota Madiun (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).
Wicaksono, Muzakir, M., & Gunawan, B. I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan, Fasilitas Dan Minat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rsu Wisata Uit Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(1), 30-44.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1419
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional