Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee
Sari
Abstrak
Shopee merupakan salah satu E-commerce dengan mobile platform pertama yang ada di Asia Tenggara yakni termasuk Indonesia. Dengan adanya persaingan E-commerce, social media marketing pada platform TikTok dijadikan sebagai strategi untuk menarik para calon konsumen. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui pengaruh dari social media marketing melalui electronic word of mouth pada platform TikTok terhadap keputusan pembelian di Shopee. Penilitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dan juga deskriptif dengan sampel yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang dipergunakan yakni non probability sampling dengan menggunakan metode path analysis (analisis jalur). Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS ver.25. Hasil yang didapat dalam penelitian yang telah dilakukan ini yakni social media marketing (X) berpengaruh serta signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan memiliki nilai thitung(3,997)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05 , social media marketing marketing (X) berpengaruh serta signifikan terhadap electronic word of mouth (Z) dengan memiliki nilai thitung(11,553)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05, electronic word of mouth (Z) berpengaruh serta signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan memiliki nilai thitung(5,045)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05 dan juga adanya pengaruh dari social media marketing (X) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui electronic word of mouth (Z) dengan memiliki nilai thitung(4,455)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05 .
Kata Kunci : Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, E-commerce
Abstract
Shopee Is One Of The First E-Commerce Platforms In Southeast Asia, Including Indonesia. With E-Commerce Competition, Social Media Marketing On The Tiktok Platform Is Used As A Strategy To Attract Potential Consumers. Therefore, This Research Was Conducted In Order To Determine The Effect Of Social Media Marketing Through Electronic Word Of Mouth On The Tiktok Platform On Purchasing Decisions At Shopee. This Research Uses Quantitative And Descriptive Research Methods With A Sample Of 100 Respondents. The Sampling Technique Used Is Non-Probability Sampling By Using The Path Analysis Method (Path Analysis). Data Processing Is Done Using SPSS Ver.25. The Results Obtained In This Research, Namely Social Media Marketing (X) Has A Significant And Significant Effect On Purchasing Decisions (Y) By Having A Value Of Tcount(3.997)>Ttable(1.6071) And A Significance Value Of <0.05, Social Media Marketing Marketing (X) Has A Significant And Significant Effect On Electronic Word Of Mouth (Z) With A Value Of Tcount (11,553)> Ttable (1,66071) And A Significance Value < 0.05, Electronic Word Of Mouth (Z) Has A Significant And Significant Effect On Purchasing Decisions (Y) With A Value Of Tcount(5.045)>Ttable(1.66071) And A Significance Value <0.05 And Also The Influence Of Social Media Marketing (X) On Purchasing Decisions (Y) Through Electronic Word Of Mouth (Z) With Has A Value Of Tcount(4.455)>Ttable(1.66071) And A Significance Value <0.05. Out The Research.
Keywords: Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, Purchase Decision, E-commerce
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aji, P., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect Of Social Media Marketing On Instagram Towards Purchase Intention: Evidence From Indonesia’s Ready-To-Drink Tea Industry. International Journal Of Data And Network Science, 4(2), 91-104.
Arsyalan, A. G., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Oleh Masyarakat Bandung. Eproceedings Of Management, 6(3).
Caecilia, P. M., Kindangen, P., & Tumewu, F. (2017). The Effect Of Maybelline Social Media Marketing (Facebook, Youtube, Instagram) On Consumer Purchase Decision (Case Study: Sam Ratulangi University Students). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3).
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Emas, 2(2), 28-42.
Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Inovasi, 17(3).
Frida. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Belanja Online Di Shopee. Telkom University.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (Ibm Spss). Edisi 8. Semarang: Bp Universitas Semarang.
Nurrohman, A., & Adiwijaya, K. (2021). The Effect Of Social Media Usage, And Ewom On Purchase Decision Involvement, Brand Image, And Brand Awareness In Subsidized Housing Industry. International Journal Of Business And Economy, 3(2), 36-51.
Rustam, M. (2017). Internet Dan Penggunaannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 12.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1433
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional