Strategi Pemasaran Pada Lembaga Bimbingan Belajar Jilc Alauddin Makassar Untuk Meningkatkan Jumlah Pendaftar

Muhammad Jihad Firman

Sari


Abstrak

Artikel ini bertujuan mencari tahu strategi pemasaran yang dilakukan oleh JILC saat ini, kemudian mempelajari kekuatan dan kelemahan dari strategi tersebut; mengetahui pilihan strategi yang dapat digunakan oleh JILC dalam rangka peningkatan kinerja SDM untuk meningkatkan jumlah pendaftar; dan menformulasikan strategi baru yang akan diterapkan demi meningkatkan jumlah pendaftar secara signifikan. Penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan beberapa strategi ternyata jumlah siswa yang mendaftar di Lembaga Bimbingan Belajar JILC belum meningkat secara signifikan. Untuk masa berikutnya perlu mengoptimalkan diferensiasi produk, harga yang terjangkau, promosi yang masif dan efektif serta optimalisasi pelayanan, dan memberikan pelatihan psikologi kepada para tentor untuk melaksanakan program pemecahan masalah.

 

Kata Kunci: Pemasaran, Strategi & Institusi

 

Abstract

This article aims to find out the current marketing strategy carried out by JILC, then study the strengths and weaknesses of the strategy; knowing the choice of strategies that can be used by JILC in order to improve HR performance to increase the number of registrants; and formulate new strategies to be implemented to significantly increase the number of registrants. The research used is descriptive qualitative by using SWOT analysis. Collecting data through observation and interviews. The results showed that after several strategies were implemented, the number of students enrolled at the JILC Tutoring Institute had not increased significantly. In the future, it is necessary to optimize product differentiation, affordable prices, massive and effective promotions as well as service optimization, and provide psychological training to tutors to carry out problem solving programs.

Keywords: Marketing, Strategy & Institute


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Setianto. 2004. “Analisis Efektivitas Orientasi Pasar, Inovasi, Kualitas Layanan dan Kinerja Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing.” Universitas Diponegoro, Semarang.

Ahmadi abu. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Coman, Alex, dan Boaz Ronen. 2009. “Focused SWOT: diagnosing critical strengths and weaknesses.” International Journal of Production Research 47(20):5677–89. doi: 10.1080/00207540802146130.

Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1).

Phillip Kotler. 1995. Principles of Marketing, Analysis, Planning and Control. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Phillip Kotler. t.t. Marketing Management, Millenium Edition. 2002: Prentice-Hall.

Swastha, B. dan I. Sukotjo. 1995. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Winardi. 1989. Strategi Pemasaran (Marketing Strategy). Bandung: Bandar Maju.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1442

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter