Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah pada PT BRI Cabang Belopa
Sari
Abstrak
Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghipun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Hubungan yang baik ini seperti membangun kepercayaan dan komitmen konsumen merupakan sebuah keharusan dalam rangka meinciptakan konsumen yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah pada PT. BRI Cabang Belopa. Kosioner ini dirancang dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah rekening yang berjumlah 26.486 dengan sampel sebanyak 100 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Metode analisis digunakan unutuk melihat pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini secara simultan maupun parsial menunjukkan bahwa kepercayaan dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. PT BRI Cabang Belopa.
Kata Kunci: Kepercayaan, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah
Abstract
Banks are financial institutions whose main activity is to collect funds from the public and channel them back to the public. This good relationship is like building consumer trust and commitment is a must in order to create consumers loyality. This study aims to determine and analyze the effect of trust and commitment on customer loyalty at PT. BRI Belopa. The questionnaire was designed using a Likert scale. The population in this study were all account customers totaling 26,486 with a sample of 100 people. The analysis used in this research is multiple linear regression. The method of analysis is used to see the effect of the independent variable with the dependent variable. The results of this study simultaneously or partially indicate that trust and commitment have a significant effect on PT BRI Belopa customer loyalty.
Keywords: Trust, Commitment, and Customer LoyaltyTeks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, Muhammad Muzahid dan Noorjahan Parvez. 2009. “Impact of Sevice, Quality, Trust and Customer Satisfaction on Customer Loyalty”. ABAC. Vol. 29, No.1, (January-April), pp: 24-38.
Darmamesta, et al, 2005. Loyalitas Pelanggan. Erlangga, Jakarta
Duwi Priyanto, 2014 Pengelolah Data Terpraktis. Andi Yogyakarta, Yogyakarta
Garbarino, Ellen, Mrk S Johnson, 1999, The Different Roles of Satisfaction, Trust, and Commitment in Customer Relationship, Journal of Marketing, vol. 63 (April), pp 70 – 87.
Hurriyati Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta Bandung
Jayanti, A. (2012) ‘Pembelian kosmetik wardah di kota makassar an analysis of factors that influence wardah cosmetics purchasing decision at makassar city’:, Pascasarjana UNHAS, (34).
Jayanti, A. (2019) ‘Kepuasan konsumen ditinjau dari harga dan kualitas produk pada toko online lazada di kota makassar’, Jurnal Manajemen dan Organisasi Review, 1(2), pp. 127–140.
Jayanti, A., Tasrim and Arif, N. F. (2021) ‘Determining Customer Satisfaction on Telkomsel Card User in Belopa City , Luwu Regency’, Jurnal Mantik, 5(1), pp. 223–229.
Juliansyah Noor. 2012. Metodologi Penelitian, Jakarta : Prenamedia Group.
Kaderi, S. dan Diahmairissa, T. 2003. Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Penerbangan, Studi Kasus : Garuda Indonesia kelas Ekonomi. Jurnal Manajemen ITB, 2(10): h; 13-23.
Kasmir, 1998, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Kotler, Philip. Et.al, 2002 Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta
Kotler, Philips dan Kevin, Line Ketler, 2014 Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Edisi Milenium), PT. Prenhallindo, Jakarta
Lau, G. T. and Lee, S. H. (1999). “Consumers' Trust in a Brand and The Link to Brand Loyalty”. Journal of Market Focused Management, vol 4, pp 341- 370.
Leverin, Andress and Liljander, Veronica, 2006. Does Relationship Marketing Improve Customer Relationship Satisfaction and Loyality, International Journal of Bank Marketing.
Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., 1995. An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, 30 (3): 709-734.
Morgan, R. M. and Hunt, S. D. 1994. “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing”. Journal of Marketing, vol 58, pp: 20-38.
Moorman, Christin, Gerald Zaltman and Rohit Deshpande (1993) Factors Affecting Trust in Market Research Relationship, Journal Marketing Research, Vol 57 (January), 81- 101.
Punguh Setyawan, 2013 Pengaruh, Kepercayaan, Komitmen, Harga dan Keluhan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kantor Pos Surakarta : Naskah Publikasi.
Qin, H. dan Prybutok, V.R.2008. Determinant of Customer-Perceived Service Quality in Fast Food Restaurants and Their Relationship to Customer Satisfaction and Behavioral Intentions. The Quality Management Journal, 15(2): h; 35-50.
Ramadania (2000), Kepercayaan dan Komitmen Sebagai Perantara Kunci Relationship Marketing Dalam Membangun Loyalitas (Survey Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Surabaya), Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, vol 2 No. 1, Januari 2002, Hal. 33 – 52
Robbins Stephen P., dan Judge Timothy A. (2008), Perilaku Organisasi, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat
Singh, H. 2006. The Importance of Customer Satisfaction in Relation to Customer Loyalty and Retention. Academy of Marketing Science, 60: h; 193-225.
Somad Rismi dan Priansa Donni Juni, 2014 Manajemen Komunikasi, Alfabet Bandung
Stefanus, T. 2008. Analisa Kesenjangan Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Nasabah Pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya. Jurhal Manajemen F'akultas Ekonomi Universitas Kristen Petra. http://www.petra.ac.i d/- puslit/journals/dir.php?DepartmentID=MAN.
Sugiyono, 2015 Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung
Syofian Siregar, 2014 Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi.
V. WiratnaSujarweni, 2015 SPSS untuk penelitian. Penerbit Pustakabarupress, Yogyakarta
Yuniningsih, 2007 Bank dan Lembaga Keuangan, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Yusi Syahirman, dan Idris Umiyati, 2010 Statistika untuk Ekonomi dan Penelitian. Penerbit Citrabook Indonesia, Palembang
Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., dan Foxall, G. R. 2003. A Proposed Model of ETrust for Electronic Banking, Journal of Service Research Technovation. 23, pp: 847-860.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1470
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional