Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Kartu XL
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh faktor sosial, faktor pribadi dan faktor budaya terhadap perilaku konsumen dalam melakukanpembelian kartu XL. Studi ini dilakukan pada kampus STIEM Bongaya Makassar. studi ini melibatkan 100 orang mahasiswa angkatan 2018 STIEM Bongaya Makassar yang menggunakan kartun XL dengan jumlah 100 orang. Data dalam penelitian ini akan dianalisis melalui beberapa tahap pengujian seperti uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, heterokedastisitas, uji simultan, uji parsial dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Budaya berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen dalam melakukan Pembelian kartu XL Pada Mahasiswa Angkatan 2018 STIEM Bongaya Makassar.
Kata Kunci: Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Budaya, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian.
Abstract
This study aims to analyze and examine the influence of social, personal, and cultural factors on consumers purchasing XL cards. This study was conducted at the STIEM Bongaya Makassar campus. This study involved 100 students of the 2018 STIEM Bongaya Makassar class who used the XL cartoon with a total of 100 people. The data in this study will be analyzed through several stages of testing such as validity, reliability, normality, heteroscedasticity, simultaneous testing, partial testing, and the coefficient of determination test. This study indicates that simultaneously and partially, social factors, personal factors, and cultural factors positively and significantly affect consumer behavior in purchasing XL cards in 2018 STIEM Bongaya Makassar students.
Keywords: Social Factors, Personal Factors, Cultural Factors, Consumer Behavior, Purchase Decisions.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adhim, C. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. Pendidikan Tambusai, 4(1), 239–247. https://jptam.org/index.php/jpttam/issue/view/15
Arianty, N. E. L. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap keputusan Pelanggan Menggunakan Kartu Mentari. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 13(1), 101–115.
Asra, M. D., Manshur, A., Suyanto, A., Telkom, U., Budaya, F., Sosial, F., Pribadi, F., & Psikologis, F. (2019). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Samsung Berbasis Android Di Indonesia Analysis a Factors Affect Consumer Behavior in Decision To Buy Cell Phone Samsung Android Based in Indonesia. 6(1), 89–98.
Betris, L. A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kartu prabayar xl di surakarta. Management Pemasaran, 5(2), 42–47.
Ginting, M. (2019). Perilaku Konsumen. December. https://doi.org/10.31227/osf.io/pfj
Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bisnis Administras, 06(01), 37–43.
Hikmawati, K. A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 11–18. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/1450/1829
Mizfar, F., & Sinaga, A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian kopi instan. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 11(2), 175–180. https://jurnal.uns.ac.id/sepa/article/view/14172/11790
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 Di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. 6(12), 112–129.
Timmerman, V. A., Mandey, S., & Rate, P. Van. (n.d.). ISSN 2303-1174 V.Timmerman.,S.Mandey.,P.Van Rate., Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.5(2), 1113–1122.
Universitas, D. I., & Cendana, N. (2020). Saekoko, Nyoko and Fanggidae/ JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s) Vol. 11, No.1, 2020, p49-64. 11(1), 49–64.
Wahyuni, N., & Gunawan, A. I. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kartu Prabayar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 109. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.304
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1498
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional