The Effect Of Sales Growth And Devidend Policy On Company Value (Empirical Studies On Textile And Garment Companies Listed On The Idx 2015 – 2019)

Nabilla Nur Azizah Aprilliyanti, Syamsul Huda

Sari


Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder periode Januari 2015–Desember 2019 pada Perusahaan Tekstil dan Garmen, yaitu laporan keuangan setiap bulan (neraca dan neraca pendapatan). Laporan keuangan tersebut telah dipublikasikan oleh situs resmi Bursa Efek Indonesia serta Perusahaan. Temuan menunjukkan bahwa ekspansi perusahaan melalui penjualan sebagian mempengaruhi nilai perusahaan, sedangkan dividen tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Hasil uji secara simultan dapat menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan dan kebijakan deviden memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Pertumbuhan Penjualan, Kebijakan Deviden dan Nilai Perusahaan.

Abstract

The main purpose of this study is to see how sales growth and dividend policies affect firm value in textile and garment companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The data used in this study is secondary data for the period January 2015–December 2019 on Textile and Garment companies, namely monthly financial reports (balance sheet and income balance). The financial reports have been published on the official website of the Indonesia Stock Exchange and the company. The findings show that company expansion through sales partially affects firm value, while dividends do not affect firm value. Simultaneous test results show that sales growth and dividend policy have a significant positive effect on firm value.

Keywords : Sales Growth, Deviden Policy and Firm Value


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Books:

Dr. Kasmir.SE.2018.Pengantar Manajemen Keuangan.Jakarta.

Basyaib, Fachmi. 2007. Keuangan Perusahaan. Jakarta: Kencana.

Machfoedz, M. 1994. The Usefulness of Financial Ratio in Indonesia. Jurnal KELOLA.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Brigham, E.F., dan Houston. 2006. Fundamental of Financial Management: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Abiodun, B.Y. 2013. The Effect of Firm Size on Firms Profitability in Nigeria. Journal of Economics and Sustainable Development.

Moeljono, Djokosantoso. 2005. Good Corporate Culture Sebagai Inti Good Corporate Governance. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setiyadi. 2007. Pengaruh Company Size, Profitability dan Institutional Ownership terhadap CSR Disclousure. Jurnal Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung

Michael Christian Hermono. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan

A.A. Wela Yulia Putra dan Ida Bagus Badjra. Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas

Ni Putu Yuliana Ria Sawitri dan Putu Vivi Lestari. Pengaruh Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal

Ida Ayu Rosa Dewinta dan Putu Ery Setiawan. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance

Ida Ayu Puspita Trisna Dewi dan I Ketut Sujana. Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan

Vivi Apriliyanti , Hermi, Vinola Herawaty. Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan Dan Kesempatan Investasi Terhadap Nilai Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Aprilia Anita dan Arief Yulianto. Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan

Helga Adeline Halim dan Yulius Jogi Christiawan. Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Umur Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol

Chien-Chiang Lee Chih-Wei Wang* Shan-Ju Ho. Financial Inclusion, Financial Innovation And Firms Sales Growth Of Access Finance

Faisal Alqahtani, Besma Hamdi, Shawkat Hammoudeh.The Effects Of Global Factors On The Saudi Arabia Equity Market By Firm Size: Implications For Risk Management Based On Quantile Analysis And Frequency Domain Causality

Azadeh Hadian, Cahit Adaoglu. The Effects Of financial And Operational Hedging On Company Value: The Case Of Malaysian Multinational

Odongo Kodongo, Thabang Mokoaleli-Mokoteli1 and Leonard N. Maina. Capital Structure, Profitability And Firm Value: Panel Evidence Of Listed Firms In Kenya

Fischer BLACK and Myron SCHOLES. The Effects Of Dividend Yield And Dividend Policy On Common Stock Prices And Returns

William Sucuahi and Jay Mark Cambarihan. Infulence Of Profitability To The Firm Value Of Diversified Companies In The Philippines

Takehiko Yasuda. Firm Growth, Size, Age And Behavior In Japanese Manufacturing

Pengaruh Rasio Keuangan, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Pratama Aji Wiguna. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2016

Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi). Ni Made Suastini 1 Ida Bagus Anom Purbawangsa 2 Henny Rahyuda 3 1,2,3fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.2013

Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.Bela Febriana Fista,Dini Widyawati. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.2017




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1518

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter