Peranan Controller dalam Perencanaan dan Pengendalian Penjualan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Gowa

Juliana Sartika Djafar, Dian Novita, Firman Aliffatahillah

Sari


Abstrak

Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) secara Nasional dalam mendukung laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangatlah penting. Hal ini juga terjadi di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Dimana kegiatan UMKM adalah salah satu penentu jalannya roda perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi dan peranan controller dalam perencanaan dan pengendalian penjualan pada UMKM di Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode observasi langsung dan wawancara langsung dengan pemilik UMKM yang ada di Kabupaten Gowa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa controller memiliki beberapa peran yang berbeda-beda dalam perencanaan dan pengendalian penjualan pada UMKM di Kabupaten Gowa, diantaranya adalah peran pengawasan keuangan, ikut serta dalam penyusunan perencanaan penjualan, melakukan pengecekan persediaan dalam rangka memastikan ketersediaan barang yang akan dijual, melakukan inovasi-inovasi baik berupa pengendalian operasional maupun pengendalian strategi dalam rangka mencapai tujuan yang telah disusun dalam perencanaan penjualan, dan melakukan rapat bulanan dalam rangka mengevaluasi kinerja karyawan.

Kata Kunci: UMKM, Controller, Perencanaan dan Pengendalian, Penjualan

Abstract

The role of UMKM (Micro, Small and Medium Enterprises) nationally in supporting the rate of economic growth in Indonesia is very important. This also happened in Gowa Regency, South Sulawesi Province. Where UMKM activities are one of the determinants of the course of the economy. This study aims to determine the existence and role of the controller in planning and controlling sales at UMKM in Gowa Regency. This research is a qualitative descriptive study that uses direct observation and direct interviews with UMKM owners in Gowa Regency. The results of this study indicate that the controller has several different roles in planning and controlling sales at UMKM in Gowa Regency, including the role of financial supervision, participating in the preparation of sales planning, checking inventory in order to ensure the availability of goods to be sold, carry out innovations in the form of operational control and strategic control in order to achieve the goals that have been prepared in the sales plan, and conduct monthly meetings in order to evaluate employee performance.

Keywords: UMKM, Controller, Sales Planning dan Control

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Lumba’a, A. E. D. (2020). Peranan Internal Audit Dalam Perencanaan Dan Pengendalian Penjualan Pada Pt Indomarco Adi Prima Di Makassar. Economics Bosowa, 4(3), 69-84.

Mangkunegara, AP. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung

Murnisari, R. (2015). Persepsi Manager Terhadap Fungsi Controller. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK), 7(1), 46-65.

Nadina, G. (2016). Peranan Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Penilaian Kinerja Pusat Pendapatan (Studi Kasus Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta-Sudirman) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Putra, T. G. (2015). Peran Pemerintah Daerah dan Partisipasi Pelaku Usaha dalam Pengembangan UMKM Manik-Manik Kaca di Kabupaten Jombang. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 3(1).

Sagala, N. P. (2019). Peranan dan Kedudukan Internal Auditor dalam Membantu Manajemen Untuk Menilai Efisiensi Pengelolaan Penjualan Minuman Coca-Cola pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia Bottling Unit Medan Belawan.

Setiyaji, S., & Rusmawati, Z. (2016). Penerapan Anggaran Biaya Produksi sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Produksi pada PT. Surya Rengo Containers Cabang Surabaya. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2).

Suhardono, N. F. (2016). Analisa Anggaran Sebagai Alat Perencanaan Dan Pengendalian Kegiatan Operasional Pada CV Bina Putra Nugraha (Doctoral dissertation, STIE Ekuitas).

Triandini, E., & Priyo Atmojo, Y. (2016). Pengembangan Model E-Commerce Untuk Peningkatan Kinerja UKM Kota Denpasar. Jurnal Eksplora Informatika, 3(2), 111-118.

Uhise, E., Manossoh, H., & Suwetja, I. G. (2018). Analisis Peranan Cost Controller Dalam Pengendalian Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional Pada Hotel Mercure Manado Tateli Beach Resort. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Yusrizal, Y dan Daeli, Y. D. (2016). Peranan Anggaran Biaya Produksi Sebagai Perencanaan dan Pengendalian Proyek Perumahan Tipe 75 Dan Tipe 48 Pada PT Raja Property Indonesia Di Pekanbaru. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 1(2), 297-312.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1584

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter