Sistem E-Commerce Untuk Penigkatan Penjualan dan Keuntungan Pada Eva Shop Luwuk

Trisno Wibowo. K, Gunawan Gunawan

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi alternatif kaitan menurunya penjualan dan pendapatan Toko Eva Shop Luwuk dalam menjual produknya berupa Tas dan Aksesoris fashion Wanita dikarenakan akibat dari pandemic Covid-19. Pandemi ini menyebabkan para konsumen untuk enggan dan takut keluar rumah, takut untuk bertatap muka dan bersenthan dengan orang lain, sehingga salah satu alternatif untuk masalah ini adalah mengkonfersi cara penjualan manual ke penjualan elektronik atau E-Commerce.

Penelitian ini mengguanakn metode kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik wawancara dan teknik pustaka sedangkan untuk perancangan dan pengembangan system menggunakan teknik  waterfall dengan alat bantu perancangan diagaram kontek, ERD, DFD yang dintegrasikan dengan database MySQL.

Hasil penelitian menunjukan dampak dan pengaruh yang positif, diantaranya : Minat konsumen untuk berinterakasi dan berkomunikasi kaitan produk yang dijual meningkat dengan banyak nya chat yang masuk  untuk bertanya informasi kaitan harga, warna dll, Jumlah penjualan meningkat perlahan, ini disebabkan dengan kemudahan yang diberikan dengan system e-commerce dan Jumlah pendapatan penjualan juga ikut berangsur naik dan stbil.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.

Alshamrani, A., & Bahattab, A. (2015). A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, And Incremental/Iterative Model. IJCSI International Journal Of Computer Science Issues, 12(1), 106–111.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali-Gramedia Pustaka Utama

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Dwi Martani. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Hendriksen dan Van Breda. 2000. Accounting Theory. Mc Graw Hill: International Edition.

Handayani, S. (2018). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis e-commerce studi kasus toko kun jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182-189.

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta.

Kotler Philip, 2002, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium (Diterjemahkan Oleh : Hendra Teguh dan Ronny A Rusli), Jakarta: Prenhallindo.

Kusuma, A. P., & Prasetya, K. A. (2017). Perancangan dan implementasi e-commerce untuk penjualan baju online berbasis android. Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1).

Nabeng, F. S. (2022). Sistem Informasi Keuangan Pada Kantor Notaris Yunita Kadir, SH, M. Kn Luwuk Banggai. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 5(1), 36-42.

Pressman, R. S. 2005. Software engineering: a practitioner's approach. Palgrave macmillan.

Putra, A. K., Nyoto, R. D., & Pratiwi, H. S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private Di Kota Pontianak Berbasis Web. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 5(1), 22-26.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). PENGARUH SHOPPING LIFE STYLE DAN FASHION INVOLVMENT TERADAP IMPULSE BUYING BEHEVIOR MASYARAKAT HIGH INCOME MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Susilo, Muhammad. 2018. “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall.” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan) 2(2):98–105. doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

www.investindonesia.go.id. (2021). Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah “berita dampak Covid-19”. Diakses tgl 14/03/2022 pkl. 14.00 WITA.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1592

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter