Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan pada Produk Herbal Unihealth di Kota Makasar
Sari
Abstrak
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 250 orang pelanggan. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus slovin, sehingga sampel yang dapat diteliti sebanyak 37 orang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial dan uji simultan dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan melakukan uji validitas, semua data terdistribusi valid dengan nilai R-hitung lebih besar dibandingkan dengan R-tabel. Hasil analisis regresi linear berganda Y= 31.149+ 0121X1 + 0,185 X2 + 0,305 X3 + 0140X4 Hal tersebut menunjukan bahwa variabel loyalitas, kepercayaan,kenyamanan,dan keamanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelangganpada produk herbal unihealth. Hasil uji parsial menunjukan bahwa: 1) Variabel loyalitas dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelangganpada produk herbal unihealth. 2) variabel kenyamanan dan keamanan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada produk herbal unihealth. Uji simultan menunjukan bahwa, variabel loyalitas, kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada produk herbal unihealth kota Makassar
Keywords: Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A.B Susanto. 2000. Kepuasan pelanggan.Jakarta. Rineka cipta.
Arief, Muhtosim.2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang:
Bayumedia Publishing.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2012. Peneitian Kuantitatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan, 2002 Manajemen Pemasaran, dasar dan konsep dan strategi pemasaran
Aditama Kusuma Atmaja (2011) Analisis Pengaruh KualitasPelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan studi pada Tf et Garuda di PT Falah Fa/jntastic Tour Trevel
Anjar Rahmulyo (2008) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Depok diSleman Bogor
Bambang, Prasetyo. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Buchari, Alma.2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.
Bandung: Alfabeta.
Burhan, Bungin. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: FormatFormat Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Kemunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fandy, Tjiptono. 2007. Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andy
Handi, Irawan. 2002. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo.
Husain, Umar. 2005. Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.
Gramedia Pusat.
Indra, Aditia. 2011. Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada UD
Pandan Wangi Semarang. Semarang: STIE Widya Manggala.
Istijanto. 2005. Populasi dan sampel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2007. Perinsip-perinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Nasution, M.N. 2004. Total Service Management Manajemen Jasa Terpadu Edisi
Pertama. Bogor Selatan: Penerbit Gahalia Indonesia
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1598
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional