Analisis Perubahan Perilaku Konsumen e-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Konsumen e-Commerce Shopee di Kota Karawang)
Sari
Abstrak
Pandemi Covid-19 memaksa orang untuk beraktivitas di rumah, termasuk berbelanja. Pada saat ini belanja online sudah menjadi kegiatan yang dipilih agar masyarakat tetap berdiam diri dirumah. Hal ini menjadi salah satu faktor terjadinya perubahan konsumen ke arah digital dan memanfaatkan layanan online seperti e-commerce dan media sosial. Tak hanya dirasakan oleh kalangan ibu rumah tangga dan pekerja, hampir semua gender dari berbagai kalangan usia merasakan dampaknya. Saat ini E – commerce yang banyak peminatnya yaitu Shopee. Tujuan penelitian dalam laporan ini adalah untuk mencari tahu mengenai perubahan perilaku masyarakat konsumen E – commerce Shopee pada masa Covid - 19. Objek dalam artikel ini adalah terdiri dari masyarakat di wilayah Karawang yang menjadi pelaku konsumen. Melalui Google Formulir, ayyhasil yang didapat akan dibahas secara menyeluruh mengenai perubahan perilaku konsumen yang memutuskan untuk melakukan pembelian secara online.
Kata Kunci: E-commerce, Perilaku Konsumen, Perubahan Perilaku.
Abstract
The Covid-19 pandemic forces people to do activities at home, including shopping.At this time online shopping has become an activity chosen so that people remain silent at home.This is one of the factors of consumer change towards digital and utilizing online services such as e-commerce and social media.Not only felt by housewives and workers, almost all genders of different ages feel the impact.Currently E - commerce that many fans are Shopee.The purpose of the research in this report is to find out about the changing behavior of consumers E - Shopee commerce during the Covid-19 period.The object in this article is consisting of people in karawang area who become consumer actors.Through Google Forms, the results will be discussed thoroughly about changes in the behavior of consumers who decide to make purchases online.
Keywords: E-commerce, Consumer Behavior, Behavior Change.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).
Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya pada minat pembelian Ulang konsumen keretaapi kelas eksekutir argo parahiyangan. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia, 13(2), 37–48.
Yuan, B., & Ekhsan, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Tentang Kinerja Karyawan Di PT. Industri Nesinak. Bisnis,Manajemen Dan Akuntansi, 2, 130–139.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1602
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional