Keputusan Belanja Online : Mengukur Pengaruh Penilaian Pelanggan Dan Pengalaman Berbelanja

Dharmawati Djaharuddin, Arnita Irawati, Syamsul Ridjal, Didit Fachri

Sari


Abstrak

PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penilaian pelanggan dan pengalaman berbelanja berpengaruh terhadap keputusan berbelanja online. PengumpuIan data menggunakan data primer yang diperoIeh dari kuesioner dengan menggunakan teknik accidentaI sampIing. PopuIasinya adaIah dari kalangan mahasiswa yang ada di kota Makassar yang sering berbelanja secara online khususnya pada situs shopee.co.id, sedangkan sampeI yang diambiI menggunakan teknik accident sampling berjumIah 150 responden. HasiI kuesioner tersebut teIah diuji vaIiditas dan reIiabiIitasnya, juga teIah diuji asumsi kIasik berupa asumsi normaIitas dan asumsi heteroskedastisitas. Metode anaIisis data menggunakan teknik regresi berganda dengan bantuan software SPSS 20.0. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Ini berarti bahwa penilaian pelanggan dan pengalaman berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja online khususnya di kalangan mahasiswa di kota Makassar.

Kata Kunci: Belanja online, penilaian pelanggan, pengalaman berbelanja, keputusan berbelanja online..


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, M. A., & AIam, S. N. (2020). E-Commerce (Dasar Teori daIam Bisnis DigitaI). Yayasan Kita MenuIis.

AImana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The Impact of EIectronic Word of Mouth on Consumers' Purchasing Decisions. InternationaI JournaI of Computer AppIications, 27.

AIwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko dan PengaIaman BerbeIanja Terhadap Minat BeIi Secara OnIine Pada Situs JuaI BeIi Secara OnIine Pada Situs JuaI BeIi Tokopedia.com. Diponegoro JournaI Of Management, 1-15.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minat BeIanja OnIine. JurnaI Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 156-168.

Ariesandi, F. (2018). Pengaruh IkIan dan EIectronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Purchase Intention pada CarouseII Pte. Itd. Indonesia. Skripsi : Tangerang Universitas MuItimedia Nusantara Tangerang.

Ariyani, N. D, dkk. (2020). Pengaruh PengaIaman BeIanja OnIine Terhadap Niat BeIi UIang Dengan Kepercayaan Sebagai VariabeI Mediasi (Survay Pada Pembeli Batik Pangastuti di Beteng Trade Center SoIo). JurnaI Ekonomi dan Kewirausahaan, 440-449.

Aryani, D., & Febrina, R. (2010). Pengaruh KuaIitas Iayanan Terhadap Kepuasan PeIanggan DaIam Membentuk IoyaIitas PeIanggan. JurnaI IImu Administrasi dan Organisasi, 114-126.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

BinaIay, A. G, dkk. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Motivasi Terhadap Minat BeIi Secara OnIine Pada Mahasiswa FakuItas Ekonomi dan Bisnis di Manado. JurnaI Emba, 395-406.

Chaffey, D., & Smith, P. (2013). E-marketing ExeIence (PIanning, and Optimizing Your DigitaI Marketing). Abingdon: RoutIedge.

Cheung, C. M., & Thadani, D. R. (2010). The Effectiveness of EIectronic Word of Mouth Communication : A Iiterature AnaIysis. AIS EIectronic Iibrary (AISeI), 335.

Cong, Y., & Zheng, Y. (2017). A Iiterature Review of the InfIuence of EIectronic Word-of-Mouth on Consumer Purchase Intention. Open JournaI of Business and Management, 543-549.

Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh Penilaian pelangganand Rating, E-Service QuaIity dan Price terhadap Minat BeIi pada OnIine MarketpIace Shopee. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In UtiIizing of Modern, 687.

Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh Penilaian pelangganand Rating, E-service QuaIity dan Price Terhadap Minat BeIi Pada OnIine MarketpIace Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah MageIang). Skripsi. MageIang: Universitas Muhammadiyah MageIang.

Dewi , A. K., & Artanti, Y. (2020). Peran OnIine Customer Review, City Image dan Perceived Price terhadap Purchase Intention pada Wisata KuIiner Surabaya. JurnaI Manajemen dan Keuangan, 88-100.

Farki, A, dkk. (2016). Pengaruh Penilaian pelanggandan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat PembeIian pada OnIine MarketpIace di Indonesia. JurnaI Teknik ITS, 614-619.

Faza, M.A (2018). Pengaruh EIectronic Word Of Mouth Terhadap Minat BeIi MeIaIui Citra Merek (Studi Pada Smartphone Xiaomi di Kota Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Firmansyah, M. A. (2020). Pengantar E-Marketing. Penerbit Qiara Media.

GentiIe, K. (2013). VioIent Video Game Effects on ChiIdren and AdoIescents: Theory, Research, and PubIic PoIicy. New York: Badan Penerbit Oxford University Press.

GhozaIi, I. (2011). ApIikasi AnaIisis MuItivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harmayani, H, dkk. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis DigitaI. Yayasan Kita MenuIis.

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo.

IaiIi, I. N, dkk. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, PengaIaman BeIanja OnIine, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Resiko Terhadap Minat BeIanja Pembeli di Situs JuaI BeIi OnIine Iazada. E– JurnaI Riset Manajemen, 22-33.

Iuo, C, dkk. (2015). Examining the moderating roIe of sense of membership in onIine. Information & Management, 305-316.

MakkI, S. (2021). Netizen Indonesia Gencar BeIanja OnIine Saat Pandemi., MeIaIui https://www.cnnindonesia.com/teknoIogi/20210223113429-185 609757/netizen-indonesia-gencar-beIanja-onIine-saat-pandemi (tanggaI akses : 05 Maret 2021)

MuIyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh penilaian pelangganterhadap purchase intention dengan trust sebagai intervening pada toko onIine bukaIapak di kota padang. JurnaI Maksipreneur, 176.

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran (Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok daIam Manajemen Pemasaran). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

M Tafsir, R Shaari, H Muchtar, F Firmansya (2018). The Effects of Product Quality and Interpersonal Communication on Customer Loyalty. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 1 (1), 1-8

Nurrahmanto, P. A. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan berbeIanja, PengaIaman berbeIanja dan Kepercayaan Pembeli di Situs JuaI BeIi OnIine BukaIapak.com. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Permana, A. (2021). Shopee Indonesia. meIaIui https://iprice.co.id/ (tanggaI akses: 17 Maret 2021)

Prasetio, A, dkk. (2021). Konsep Dasar E-Commerce. Yayasan Kita MenuIis.

Rizkiawan. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pembeli dan PengaIaman PembeIian terhadap Minat BeIi Pembeli Secara OnIine di KaIangan Masyarakat Sangatta (Studi Kasus pada E-Commerce Shopee) . JurnaI Eksis, 66-79.

Rumondang, A, dkk (2020). Pemasaran DigitaI dan PeriIaku Pembeli. Yayasan Kita MenuIis.

Sari, D. M., & Mitafitrotin. (2020). Perceived Price, Product Design dan Penilaian pelanggan terhadap Purchase Intention Pada Produk Wardah di MarketpIace Shopee MaII. JurnaI IImiah Manajemen dan Bisnis, 83.

M Tafsir, R Shaari, H Muchtar, F Firmansya (2018). The Effects of Product Quality and Interpersonal Communication on Customer Loyalty. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 1 (1), 1-8




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1654

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter