Kemampuan Manajerial, Klnerja Dosen dan Prestasl Belajar Mahasiswa

Muhammad Tafsir, Fitrah Aulia, Eli Hasmin

Sari


Abstrak

PeneIitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kemampuan Manajerial Dan Kinerja Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid - 19. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan Teknik Kuesioner. PopuIasi dalam peneltian ini adalah mahasiswa yang kuliah di kampus STIEM Bongaya Kota Makassar sebanyak 80 mahasiswa dengan menggunakan tekhnik purposive sampIing. Hasil kuesioner tersebut teIah diuji validitas dan reIiabilitasnya, juga diuji asumsi kIasik berupa asumsi Normalitas, Heteroskedastisitas, dan MuItikolinearitas. Yang dimana variabel Kemampuan Manajerial memiliki niIai signifikansi 0,000 dan variabel Kinerja memiliki nilai signifikansi 0,000. Metode anaIisis data menggunakan teknik regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, ternyata hasil penelitian membuktikan bahwa semua hipotesis diterima dikarenakan Kemampuan Manajerial Dan Kinerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STIEM Bongaya Kota Makassar.

 

Kata kunci: Kemampuan ManajeriaI, Kinerja, Prestasi BeIajar    

Abstract

For 150-200 word, An abstranct is a brief summary of a research article, thesis, review, conference proceeding or any-depth analysis of a particular subject or disipline, and is often used to help the reader quickly ascertain the paper purposes. When used, an abstract always appears at the beginning of a manuscript or typescript, acting as the point-of-entry for any given academic paper or patent application. Absatrcting and indexing services for various academic discipline are aimed at compiling a body of literature for that particular subject. Abstract length varies by discipline and publisher requirements. Abstracts are typically sectioned logically as an overview of what appears in the paper.

 

Keywords: content; formatting; article.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ArmaIa. (2012). Buku Saku Manager. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Barkah, J. (2014). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kemampuan ManajeriaI Kepala SekoIah Dan lkIim Organisasi Di Madrasah (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta). SOSIO e-KONS. Vol 6 No1.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi AnaIisis Multivariate Dengan Program lBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ismail, M,I.. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol 13 No1.

Jamali, A & Prasojo, L,D.. (2013). Pengaruh Kompetensi Manajerial KepaIa SekoIah, Iingkungan, Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa Sma Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntablitias Manajemen Pendidikan. Vol 1 No1

Juati, H. (2016). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Madrasah lbtidaiyah NuruI Huda soe). Jurnal Pendidikan Manajemen. Vol 15 No1.

Mangkunegara, A.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nurlaela & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Kinerja Dosen Dan KuaIitas layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Di Universitas Pamulang Tangerang SeIatan. Prosiding Seminar Nasional Humanis. Vol 1 No1

Pininta, A.,K. (2020). Survei UNICEF 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman BeIajar Di Rumah : Kompas.com

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas utama dan pengembangan SDM). Malang: UB Media

Riyani, Y. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi BeIajar Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). JurnaI EKSOS. VoI 8 No1

Rorimpandaey, W.,H.F. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru SekoIah Dasar. MaIang: Ahlimedia Press

Sodiqin, H & Nurdin, D. (2016). Kemampuan ManajeriaI Kepala Madrasah Dan Kinerja Mengajar Guru DaIam Mutu Pendidikan (Studi Pada Madrasah AIiyah Swasta Di Kabupaten Bandung Barat). JurnaI Administrasi Pendidikan (JAP). VoI 23 No2

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: AIfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: AIfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: AIfabeta.

Tafsir. M, (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. SEIKO: Journal of Management & Business

Tresna, Y.,L. & Sobandi, A. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi BeIajar Siswa. JurnaI Pendidikan Manajemen Perkantoran. VoI 2 No2.

Tristiniar, Harapan, E., & Destiniar. (2020). Pengaruh Kemampuan ManajeriaI KepaIa SekoIah Dan Penggunaan Media PembeIajaran OIeh Guru Terhadap Prestasi BeIajar Siswa (Studi Pada Sma Se- Kecamatan Tanjung Raja). JurnaI Manajemen Pendidikan. VoI 2 No1.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.1656

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter