Pengaruh Dimensi Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Alfa Retailindo (Carrefour) Pengayoman Makassar

Romansyah Sahabuddin, Fatmawati A. Rahman, Zainal Ruma, Anwar Anwar

Sari


Abstrak

PT. Alfa Retailindo (Carrefour) Pengayoman di Kota Makassar sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penjualan produk grocey (Food). Promosi sebagai media prioritas dalam meraih pasar sekaligus meningkatkan volume penjualan dengan pertimbangan biaya dan waktu relatif kecil yang dikeluarkan. Kecepatan dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat, jangkauan informasi yang cukup luas, menciptakan minat masyarakat untuk membeli barang atau produk. Mengantisipasi ruang gerak beberapa perusahaan yang bermunculan dibidang penjualan dan bentuk-bentuk promosi yang dilakukan adalah advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling, serta publisitas.

 

Kata kunci: Marketing mix; Minat beli; Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, A., Azis, M., & Ruma, Z. (2019). The integration model of manufacturing strategy, competitive strategy and business performance quality: A study on pottery business in Takalar regency. Academy of Strategic Management Journal, 18(5), 1-7.

Azwar, Saifuddin. (2008). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daga, R. (2018). Analisis segmentasi psikografis dan tingkah laku terhadap keputusan nasabah untuk mengambil kredit pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. Unit Batua Raya Makassar. AKMEN Jurnal Ilmiah, 15(1).

Daga, R. (2021). Pengaruh Lifestyle Dan Personality Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Atm Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar (No. v3mpx). Center for Open Science.

Desi, N., Sabri, M., Karim, A., Gonibala, R., & Wekke, I. S. (2021). Environmental Conservation Education: Theory, Model, and Practice. Psychology and Education Journal, 58(3), 1149-1162.

Djaya, A. A., Imran, C., & Sahabuddin, R. (2018). The influence of entrepreneurship learning and individual commitment toward achievement motivation and its impact on the interest of business establishment for vocational high school students in Makassar, Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 20(8), 10-14.

Karim, A. (2019). Peningkatan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Nas Media Pustaka, Makassar.

Karim, A., Musa, C. I., & Romansyah Sahabuddin, M. A. (2020). Regional economic growth the role of BUMDes institutions in Enrekang Regency. International Journal of Creative Research Thoughts, 8(11), 225-229.

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Principles ofmarketing. Penerbit Prentice Hall. India.

Maddatuang, B., Sabara, Z., Wekke, I. S., & Karim, A. (2020). Langkah Mewujudkan Insan Cita Pandangan Lintas Disiplin. Penerbit Qiara Media.

Maddatuang, B., Syukur, A., & Karim 3rd, A. (2021). The Role of BUMDes in Sustanaible Economic at Enrekang Regency. Indian Journal of Economics and Business, 20(2).

Payangan, O. R., Sahabuddin, R., & Girikallo, A. S. (2017). Mediation Effect of Marketing Mix Strategy on Supply and Demand Towards Marketing Performance. Journal of Environmental Management & Tourism, 8(1 (17)), 223.

Putera, W., Sahabuddin, R., Rakib, M., & Lestari, I. (2021). The Influence of Facilities and Innovation in Improving Consumer Satisfaction through Creativity in MSMEs Micro Handicraft Products in South Sulawesi Province. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5.

Rahman, F. A. (2019). Kontribusi Pajak Bumi Dan Bangunan Terhadap Tingkat Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pendapatan Daerah Di Kota Makassar. Economix, 5(2).

Rahman, F. A. (2021). The Effectiveness for Regional Budget of Revenue and Expenditure as a Control Tools in Enrekang Regency Governments. Saudi J Econ Fin, 5(4), 173-179.

Rakib, M., Tawe, A., Azis, M., Syam, A., & Sanusi, D. A. (2020). Determinants of entrepreneurial intention: Empirical study of student entrepreneurs. Academy of Entrepreneurship Journal, 26(3), 1-12.

Romansyah Sahabuddin, R. S. (2016). Development of business values and behaviours: Takalar district, South Sulawesi (Indonesia) case study. Actual Problems of Economics, 2(176), 440-449.

Ruma, Z., & Jamal, A. D. (2013). Pengaruh Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan di Kota Makassar. Economix, 1(1).

Sahabuddin, R. (2019). Pengaruh Role Overload Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Studi Kasus Seleksi Berkas CPNS Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2014). Economix, 4(1).

Sianturi, C. E. M., & Mulyaningsih, H. D. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (studi Pada Kfc Cabang Buah Batu, Bandung). eProceedings of Management, 4(3).

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh marketing mix terhadap minat beli konsumen pada usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144-158.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1747

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter