Pengaruh Sumber Daya Tanwujud terhadap Kinerja Usaha Kecil Mebel di Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar

Muhammad Ismail, Romansyah Sahabuddin, Anwar Anwar

Sari


Abstrak

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (positivist paradigm) dengan dengan penekanan pada explanatory research untuk penjelasan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik usaha kecil mebel di Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. Teknik penarikan sampel diawali dengan menggunakan formulasi slovin kemudian menentukan dengan cara simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 149 orang. Teknik pengumpulan data utama dengan kuesioner. Kemudian teknik análisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Hasil analisis menunjukkan bahwa sumberdaya tanwujud (human capital, organizational capital dan relational capital) berpengaruh signifikan terhadap daya saing usaha mebel di Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. Secara parsial human capital berpengaruh tidak signifikan terhadap daya saing, namun organizational capital dan relational capital berpengaruh signifikan terhadap daya saing. Hal ini menunjukkan bahwa daya saing usaha mebel cenderung stagnan sebagai akibat kemampuan pemilik usaha yang kurang kreatif dalam pengelolaan usaha disebabkan mindset yang dipengaruhi oleh pola pengelolaan usaha secara turun-temurun dari nenek moyang. Kamampuan ini tercermin dari sumber daya tanwujud meliputi pengelolaan human capital belum optimal disebabkan pengetahuan pemilik usaha kecil pertenunan kain sutera masih warisan dari keluarga, pengalaman langsung dari pekerjaan ditambah pengetahuan dari training tanpa ada tambahan pengetahuan berarti dari pendidikan formal. Hal ini menjadi pemicu belum optimalnya pengelolaan organizational capital dan relational capital.

 

Kata Kunci: Sumber daya terwujud, Daya saing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adil, A. S., Asdar, M., & Ismail, M. (2018). THE INFLUENCE OF CUSTOMERS INVOLVEMENT AND BRAND TRUST ON DECISIONS OF PURCHASE OF PRODUCTS THROUGH INTENTION TO BUY AS INTERVIENNING VARIABLE (STUDY ON EIWA INSTAGRAM ACCOUNT). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(3), 37-50. https://doi.org/https://doi.org/10.26487/hjabe.v1i3.94

Anwar, A., & Ismail, M. (2022). Strategi Unit Pengumpul Zakat Jatisono Demak dalam Penghimpunan Zakat Pertanian. JIOSE: Journal of Indonesian Sharia Economics, 1(1), 79-92. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/jiose.v1i1.361

Anwar. (2014). Integrasi lingkungan industri dan sumber daya strategis sebagai basis strategi operasi dan strategi bersaing dan pengaruhnya pada kinerja usaha: Studi pada industry kecil minyak kelapa di Sulawesi Barat. Disertasi, Program Doktor Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Arma, A. R., Hamzah, D., Alam, S., & Ismail, M. (2016). Learning organization in implementation new public services at Palu Local Government, Indonesia. Quest Journals Journal of Research in Business and Management, 3(12), 8-19.

Biro Pusat Statistik. (2017). Takalar dalam angka. Kabupaten Takalar. Sulawesi Selatan, Indonesia.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS (Edisi 7). Universitas Diponegoro.

Idrus, M., & Dunakhir, S. (2021). Era Covid-19, Bagaimana Penerapan Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah BAZNAS Provinsi Sulawesi Selatan. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Ismail, M. (2013). PENGARUH KINERJA STRATEGI PEMOSISIAN TERHADAP CITRA MEREK (Survei pada Pelanggan Provider Seluler GSM Pra-bayar Telkomsel, Indosat, dan XL di Makassar).

Ismail, M. (2021). Influence of Positioning Strategy and Relationship Marketing Towards Brand Imaging. International Journal of Applied Management Theory and Research (IJAMTR), 3(1), 32-52.

Jufri, M., Akib, H., Ridjal, S., Sahabuddin, R., & Said, F. (2018). Improving attitudes and entrepreneurial behaviour of students based on family environment factors at vocational high school in Makassar. Journal of Entrepreneurship Education, 21(2), 1-14.

Karim, A. (2020). Endemic rice Pulu'Mandoti supports the economy and food security at Salukanan community during Covid-19 global pandemic crisis. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(9), 793-796.

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1).

Kemenperin. (2011). Laporan akuntabilitas kinerja kementerian perindustrian Tahun 2010. Jakarta: Kementerian dan Perindustrian. Jakarta, Indonesia.

Lathifah, N., Lasise, S., & Ismail, M. (2021). ANALYSIS OF THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION IN PADANG RESTAURANT IN MAKASSAR. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 4(2), 57-71.

Maddatuang, B., Syukur, A., Indar, S. H., & Karim, A. (2021). THE RURAL ECONOMIC GROWTH IN SOUTH SULAWESI DRIVES THE NATIONAL SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. International Journal of Management (IJM), 12(3), 2021.

Nurul, A., Payangan, O. R., & Ismail, M. (2020). The Effect of Service Quality and Price Strategy on Customer Satisfaction through Purchasing Decisions as an Intervening variable In 212 Mart Gowa, South Sulawesi Province. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 2(2), 11-22.

Sahabuddin, R. (2019). Pengaruh Role Overload Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Studi Kasus Seleksi Berkas CPNS Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2014). Economix, 4(1).

Setyanta, B. (2018). Peran Involvement Sebagai Variabel Pemoderasi Model Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 33-57.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1830

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter