Peningkatan Daya Saing Global Melalui Marketing
Sari
Abstrak
Latar belakang penelitian ini diawali banyaknya pelaku bisnis baik yang lama maupun yang baru mengalami stagnasi kinerja, bahkan mengalami kemunduran. Hal tersebut disebabkan karena daya saing mereka masih sangat rendah. Padahal, peluang bersaing di pasar global terbuka. Potensi yang ada dimiliki belum dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, manajemen pemasaran atau strategi pemasaran perusahaan belum berjalan secara maksimal.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis desktriftif. Data yang diperoleh dari referensi dideskrifsikan menggunakan pendekatan fenomenologi. Selain itu, penulis juga memakai pendekatan studi kasus terkait daya saing serta strategi marketing yang dipraktekkan perusahaan dan pelaku bisnis memasuki era persaingan secara global.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan daya saing, pelaku bisnis atau perusahaan membutuhkan daya saing agar bisa eksis di dunia bisnis global. Daya saing bisa diraih dengan dengan melakukan ekspansi pemasaran. Produk yang ditawarkan mengutamakan kualitas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelaku bisnis sangat membutuhkan strategi khusus agar mereka bisa bersaing di pasar global. Globalisasi bisnis membutuhkan strategi serta manajemen yang baik dan terujui agar perusahaan tetap eksis di tengah persaingan yang semakin ketat seiring perkembangan global bisnis. Pelaku bisnis yang akan bertahan adalah mereka yang mampu menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Era globalisasi sangat dibutuhkan teknologi informasi. Pelaku bisnis menggunakan e-commerce sebagai sarang promosi efektif.
Peneliti menyimpulkan bahwa bisnis yang berkembang seperti sekarang ini sangat membutuhkan daya saing yang baik sehingga mampu bersaing dan tetap eksis pada persaingan global. Strategi pemasaran berbasis digital dianggap perlu untuk dikembangkan di pasar global. Perusahaan yang mengabaikan pemanfaatan teknologi akan mengalami perlambatan kinerja bahkan akan gulung tikar. Terbukanya pasar global memberi peluang kepada setiap pelaku bisnis menawarkan produknya kepada konsumen dengan biaya rendah dengan produktivitas secara maksimal. (**)
Kata Kunci: Daya Saing, Marketing, Global, Bisnis, Strategik
Abstract
The background of this research began with the number of business people, both old and new, experiencing performance stagnation, and even regressions. This is because their competitiveness is still very low. In fact, the opportunity to compete in the global market is open. The existing potential has not been put to good use. In addition, the company's marketing management or marketing strategy has not been running optimally.
This type of research is qualitative using detrifative analysis. The data obtained from the references are described using a phenomenological approach. In addition, the author also uses a case study approach related to competitiveness and marketing strategies practiced by companies and business people entering the era of global competition.
The results showed that to increase competitiveness, business people or companies need competitiveness in order to exist in the global business world. Competitiveness can be achieved by expanding marketing. The products offered prioritize quality. This research also shows that business people really need special strategies so that they can compete in the global market. Business globalization requires a good and advanced strategy and management so that the company continues to exist in the midst of increasingly fierce competition in line with the development of global business. Business people who will survive are those who are able to create products according to consumer needs. The era of globalization is urgently needed information technology. Businesses use e-commerce as a hotbed of effective promotion.
Researchers concluded that a business that is developing as it is today really needs good competitiveness so that it can compete and still exist in global competition. Digital-based marketing strategies are considered necessary to be developed in the global market. Companies that ignore the use of technology will experience a slowdown in performance and will even go out of business. The opening of the global market provides an opportunity for every business to offer their products to consumers at low costs with maximum productivity.
Keywords: Competitiveness, Marketing, Global, Business, Strategic
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Azis, M., Hasan, M., Azis, F., & Arisah, N. (2021). Keberkanjutan Usaha Dan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran : Studi Kasus Pada Bisnis Kuliner. 1419–1432.
Faizah, N. H., & Suib, M. S. (2019). UMKM DALAM PERSAINGAN DI ERA GLOBALISASI EKONOMI ( Studi Di UKM Hunay Probolinggo ). 3(2).
Feriyanto, O. N. (1994). Strategi Pengembangan Usaha Produk Manufaktur Di Pasar Perdagangan Internasional. 70–77.
Gultom, D. K., Pulungan, D. R., & Farisi, S. (2019). Penggunaan Internet Marketing Guna Peningkatan Daya Saing Pada Usaha Mikro Handycraft Di Kota Medan. 4(1), 339–347.
Instan, S. (2021). Strategi Pemasaran Untuk Penguatan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ) Sambel Instan Pasca Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus CV Progressive Gresik ) Marketing Strategy For Strengthening Competitiveness Of Small And Medium Enterprises ( Smes ) Instant Sambel Post-Covid-19 Pandemic ( Case Study Of CV Progressive Gresik ). 8.
Lucky, M., & Rosmadi, N. (2021). Penerapan Strategi B Isnis Di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021. 4(1), 122–127.
Manajemen, J., & Mahanani, E. (2021). Telaah Strategi Pemasaran : Upaya Meningkatkan Daya Saing Pasar Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19 Marketing Strategy Review : Efforts To Increase Competitiveness In The Online Business Market During The Covid-19 Pandemic. 8(Juni), 26–36.
Mix, M., & Marketing, I. (2020). PKM Peningkatan Daya Saing Produk Dengan Menerapkan Strategi Marketing Mix Dan Teknologi Pada Kelompok Usaha Gula Semut Di Desa Pernasidi Kata Kunci : Gula Semut , Marketing Mix , Internet Marketing , Pernasidi Pendahuluan Pernasidi Adalah Desa Yang Terletak Di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas . Kelapa Selama 2-3 Hari Dan Hasilnya Diproses Menjadi Gula . 3(1), 83–92.
Nawawi, I., & Bisnis, G. E. (2013). Ismail Nawawi | 719 Globalisasi Ekonomi Bisnis. 03(02), 719–744.
Negara, S., Kasus, S., & Berkembang, N. (2018). DAYA SAING ( COMPETITIVENESS ) MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI SEBUAH NEGARA : STUDI KASUS NEGARA BERKEMBANG. (June). Https://Doi.Org/10.13140/RG.2.2.32248.55043
Nita, D., Rambe, S., & Aslami, N. (2021). El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2), 213–222. Https://Doi.Org/10.47467/Elmujtama.V1i2.853
Pendahuluan, B. A. B. I. (2014). Riset Kajian PKRB.
Riyoko, S., & Lofian, B. (2020). MODEL PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN. 21(2), 113–120.
Ulfah, F., Nur, K., Safitri, Y., & Evanita, S. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM ( Studi Keju Lasi ). 5, 2795–2805.
Utara, U. S. (2020). Universitas Sumatera Utara.
Wardhani, R. S., Ekonomi, F., Belitung, U. B., Agustina, Y., Ekonomi, F., & Belitung, U. B. (N.D.). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Daya Saing Pada Sentra Industri Makanan Khas Bangka Di Kota Pangkalpinang. 64–96.
Wijayanti, R. R. (N.D.). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. 1–32.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1864
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional