Analisis Faktor-Faktor Keputusan Penggunaan Aplikasi Transportasi Online MyBlueBird Di Kota Bekasi

Isza Fitri Febriani, Arif Fadilah

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi transpostasi online MyBlueBird. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif dengan pendekatan deskriptif dan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dengan presentasi kelonggaran 10% dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probabilty, populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.000.000 dan sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keputusan penggunaan aplikasi MyBlueBird di Kota Bekasi diketahui terdapat 20 indikator yang memiliki pengaruh terhadap keputusan penggunaan setelah dilakukan analisis faktor kemudian terbentuk 17 faktor yang memenuhi syarat dan terdapat 5 faktor yaitu faktor tingkat kesulitan 23.725%, faktor minat menggunakan 15.704%, faktor kontrol dan pengawasan 6.810%, faktor dampak bagi pengguna 5.635%, faktor efektivitas 5.336%. Faktor tingkat kesulitan memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan faktor lainnya maka dapat dikatakan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi MyBlueBird yaitu faktor tingkat kesulitan sebesar 23.725%.

Kata Kunci: Keputusan Penggunaan

 

Abstract

This study aims to determine, analyze, and explain the factors that influence the decision to use the MyBlueBird online transportation application. The type of research used in this study is quantitative with a descriptive approach and the sample uses the Taro Yamane formula with a 10% allowance presentation and the sampling technique used is a non-probabilty technique, the population in this study is 1,000,000 and the sample is 100 respondents. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the decision to use the MyBlueBird application in the City of Bekasi is known to have 20 indicators that have an influence on the decision to use after a factor analysis is carried out, then 17 factors are formed that meet the requirements and there are 5 factors, namely the difficulty level factor of 23.725%, the interest factor in using 15.704%, control and supervision factor 6.810%, impact factor for users 5.635%, effectiveness factor 5.336%. The difficulty level factor has the highest value compared to other factors, so it can be said that the most dominant factor influencing the decision to use the MyBlueBird application is the difficulty level factor of 23.725%.

Keywords: Usage Decision.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas Salim. 2016. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.

Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra. Wacana Media, Jakarta

Alasan Penggunaan Transportasi Publik. www.medianeliti.com. Diakses Tanggal 1 Juli 2021

Aldrianto, Y. S. D., Sudiarta, I. N., & Karini, N. M. O. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Menggunakan Transportasi Berbasis Aplikasi Online Di PT. Uber Indonesia. Jurnal Analisis Pariwisata ISSN, 1410, 3729.

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: penerbit. Alfabeta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Damayanti, R. (2018). Model Faktor-faktor Penentu melalui Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Angkutan Ojek On-line terhadap Kepuasan Masyarakat Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 16(2), 64-76.

Data Pengguna Internet di Indonesia. www.Statista.com. Diakses Tanggal 1 Juli 2021

Dewi, Irra Chrisyanti. 2011. Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Prestasi.

Dewi, L. K. C., Suthanaya, I. P. B., & Sujadi, D. (2019). Faktor Faktor yang dipertimbangkan Konsumen dalam menggunakan Gojek Online di Kabupaten Badung. Sekolah Tinggi Ilmu (STIE) Ekonomi Triatma Mulya, 25(1), 84-98.

Dian Utomo. 2010. Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. (PATEN).

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of. Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Lutfiah, E. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menggunakan Aplikasi Go-Jek Fitur Go-Food (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

Machfoedz, Ircham. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitat. Yogyakarta: Fitramaya.

Mahendra, I., & Septiany, N. (2018). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam penggunaan aplikasi grab (studi kasus: mahasiswa stmik nusa mandiri jakarta). JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 4(1), 9-16.

Muis, A., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen terhadap Pengguna Transportasi Go-Jek di Semarang. Journal of Management, 4(4).

Munawaroh, R. S. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE PADA MAHASISWA STIE INDONESIA BANJARMASIN. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 20(1).

Nirmala, N., & Surveyandini, M. (2019). FAKTOR PENENTU PEMILIHAN JASA TRANSPORTASI ONLINE PADA MASYARAKAT BANYUMAS. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 9(1).

Pencarian mengenai aplikasi mybluebird. www.seranking.com. Diakses Tanggal 1 Juli 2021

Perkembangan Sektor Trasnportasi. www.bps.go.id. Diakses Tanggal 1 Juli 2021

Putri, L. F. S., & Mahendra, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Go-Jek Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 136-144.

Shimp, Terence A. (2010). Integrated Marketing Communication in Advertising and. Promotion, 8e. South-Western: Cengage Learning.

Stanton, William J., 2012, Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi 7, Erlangga, Jakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suharyadi dan Purwanto. 2016. ”Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Edisi 2”. Jakarta : Salemba Empat.

Sukarna. (2011). Dasar –dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Sumadi Suryabrata. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing. Service).

Tedjo, M., Sugito, S., & Suparti, S. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Transportasi Pribadi Pada Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus Pada Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Gaussian, 6(2), 211-219.

Top Brand Indonesia Taksi. www.topbrandindonesia. Diakses Tanggal 1 Juli 2021

Unduhan Aplikasi MyBlueBird. www.smilirality.com. Diakses Tanggal 1 Juli 2021

Wibisono, T., Universari, N., & Utaminingsih, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengguna Transportasi Gojek Di Kota Semarang: Sebuah Analisis Kualitatif. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 19(2), 277-285.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1882

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter