Pengaruh Harga Jual dan Promosi Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Online
Sari
Abstrak
Salah satu upaya dalam meningkatkan laba perusahaan adalah dengan meningkatkan omzet penjualan. Omzet penjualan dapat ditingkatkan melalui strategi penentuan harga jual dan teknik promosi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh harga jual dan promosi gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada yang diterapkan pada beberapa marketplace. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan diolah menggunakan SPSS versi 21. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,829. Promosi gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online, hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 7,612. Maka dapat disimpulkan bahwa harga jual dan promosi gratis ongkir berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian online, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 73,132. Hal ini dijelaskan bahwa meningkatkannya harga jual dan promosi gratis ongkir maka semakin meningkat pula keputusan pembelian online.
Kata Kunci: Harga Jual, Promosi Gratis Ongkir, dan Keputusan pembelian.
Abstract
One of the efforts to increase the company's profit is to increase sales turnover. Sales turnover can be increased through pricing strategies and appropriate promotion techniques. This study aims to measure the effect of price and free shipping promotions on purchasing decisions that are applied to several marketplaces. The research methodology used is quantitative research by using survey methods. Data collection techniques using online questionnaires and processed using SPSS version 21. Data analysis using multiple linear regression.
The results of this study found that the selling price has a positive and significant effect on online purchasing decisions, this is evidenced by the T test value of 4.829. The free shipping promotion has a positive and significant effect on online purchasing decisions, this is evidenced by the T test value of 7.612. The conclusion that the price and the promotion of free shipping have a simultaneous effect on online purchasing decisions, this is evidenced by the F test value of 73.132. It is explained that the increase in the selling price and the promotion of free shipping will increase the online purchase decision.
Keywords: Selling Price, Free Shipping Promotion, and Purchase Decision.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akehurst, G.,JM. Comeche and MA. Galindo. 2009. Job Satisfaction and Commitment in the Entrepreneurial SME.Business Economic: An Entrepreneurship Journal. 2 (31).
Algifari. 2000. Analisis Teori Regresi : Teori Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Amiruddin M. Amin, & Hendra, 2020. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan pembelian Secara Online di Lazada.co.id . Management studies and entrepreneurship journal. 1 (1): 78-96
Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Assael. 2002. Consumer behavior, Edisi bahasa Indonesia. New Jersey: Prentice Hall Inc
Bertha Silvia Sutejo. 2006. Internet Marketing: Konsep dan Persoalan Baru Dunia Pemasaran.
Devi, Intan. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee”. Skripsi. Ekonomi dan Bisnis Islam/Manajemen, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Fajrillah, dkk. 2020. Pengaruh harga, keamanan dan promosi terhadap keputusan pembelian Toko online Lazada. Jurnal of business and economics research (JBE). 1 (1): 1-10
Febrianto, Ridiana., Indrawan, Andri., dan Nurodin, Idang. 2020. Pengaruh Omzet Penjualan Terhadap Laba Sebelum Pajak UMKM Pada Kios Rista Cell Periode 2017-2019. Jurnal Syntax Transformation. Vol. 1 No. 8
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hansen dan Mowen. 2001. Akuntansi Manajemen Biaya. Jilid 2. Jakarta : Salemba Empat.
Irianto, dkk. 2020 Pengaruh harga, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online. Jurnal kompetitif:Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi. 6 (1): 82-90
Johar, dkk. 2015. Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap efektifitas online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 26 (1): 1-10
Kotler, Philip & Gerry Armstrong, 2014: Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler., Philip and Gary Amstrong, 2016. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Mastono, dkk. 2017 Analisis pengaruh promosi, harga, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online di Lazada. Procuratio. 5 (1): 81-95
Noor, Juliansyah, 2011. Metode penelitian : Skripsi, tesis, desertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nurfadillah, Siti. 2018. “Pengaruh Harga Jual Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online”. Skripsi. Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri, Jambi.
Pardede, Ratlan. Manurung, Renhard. 2014. “Analisis Jalur”. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramadhan, R. S. 2018. Pengaruh PromosiGratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa diYogyakarta.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama
Sekaran, Uma dan Bougie, R. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta. Salemba Empat.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, M. 2003. E – commerce Perusahaan Top Dunia. Andi. Yogyakarta.
Thomson,2013.Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian.FE USU.
Wardiningsih, Suprihatmi Sri., Susanti, Retno. 2017. Pengaruh Modal Kerja, Aset, Dan Omzet Penjualan Terhadap Laba UKM Catering Di Wilayah Surakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis. Vol.5 No.1:84-93
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2365
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional