Analisis Minat Beli Online dan Minat Berkoperasi Digital pada Generasi Z
Sari
Abstrak
Generasi Z dianggap memiliki pemahaman yang lebih mengenai era digitalisasi, penggunaan serta proses transaksi digital. Kebanyakan koperasi di Indonesia masih beroperasi secara manual dan sebagian kecil mulai bertransformasi menuju proses digitalisasi. Riset ini ditujukan untuk memahami perilaku konsumen generasi Z dalam motif pembelanjaan online untuk dapat disediakan oleh platform e-commerce koperasi digital yang sesuai dengan generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode campuran, diawali dengan kualitatif dengan observasi dan wawancara narasumber generasi Z selama sebulan untuk mengetahui dan memahami keputusan pembelian online mereka, dilanjutkan dengan kuantitatif menggunakan kuesioner pada 100 orang responden generasi Z. Hasil dari observasi dan wawancara memunculkan perbedaan dan persamaan kebutuhan serta keputusan pembelian antara gender di generasi Z. Kombinasi teori perilaku konsumen dan keputusan pembelian digunakan untuk membangun konstruk pada riset kausal. Hasil observasi menunjukkan bahwa laki-laki lebih memilih untuk berbelanja makanan onsite dan lebih sedikit memesan makanan ringan melalui platform online dibanding perempuan. Hasil analisis menunjukan perilaku konsumen generasi Z mempengaruhi minat belanja online pada koperasi digital untuk generazi Z sebesar 24,1%, dianggap relatif kecil karena koperasi dianggap tidak terlalu dipahami dengan baik oleh generasi Z. Keterbatasan dari penelitian ini adalah menggunakan jumlah narasumber sedikit untuk observasi dan responden terbatas di kota-kota besar di Pulau Jawa.
Kata Kunci: perilaku konsumen, minat beli online, minat berkoperasi digital, generasi z
Abstract
Generation Z is considered to have a better understanding of the era of digitization, the use and processing of digital transactions. Most cooperatives in Indonesia are still operating manually and a small number are starting to transform towards the digitalization process. This research is intended to understand the behavior of generation Z consumers in online shopping motives to be provided by a digital cooperative e-commerce platform that is suitable for generation Z. This study uses a mixed method, starting with qualitative observations and interviews with generation Z sources for a month to find out and understand their online purchasing decisions, followed by quantitative using questionnaires on 100 respondents of generation Z. The results from observations and interviews reveal differences and similarities in needs and buying decisions between genders in generation Z. The combination of consumer behavior theory and purchasing decisions is used to build a construct in the research causal. Observations show that men prefer to shop for food onsite and order snacks less via online platforms than women. The results of the analysis show that generation Z consumer behavior affects online shopping interest in digital cooperatives for generation Z by 24.1%, considered relatively small because cooperatives are considered not very well understood by generation Z. The limitation of this study is that it uses a small number of sources for observation and analysis. respondents are limited to big cities in Java.
Keywords: consumer behavior, online shopping interest, digital cooperative interest, generation z
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Ahmad. (2021). 10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia. https://www.gramedia.com/best-seller/sosial-media-paling-populer/amp/ , diakses 24 November 2021.
Antabella, P. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Belanja Online Pada Mahasiswa IAIN Palangaka Raya. Skripsi Institus Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2).
Avisha, Irlin Maya. (2018). Perbedaan Minat Beli Online Generasi X, Y, dan Z. Skripsi Universitas Sanata Dharma.
Binalay, A. G., Mandey, S. L., & Minatrdjo, C. M. O. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnsi di Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 395–406.
Craig & Grant-Lee. (1995). Manajemen Strategi. Jakarta: Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
D. M. Waluyo, Ir., MM., . (201)1. Panduan dan Aplikasi structural Equation Modelling (Untuk Aplikasi Model dalam Penelitian Teknik Industri, Psikologi, Sosial dan Manajemen), vol. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Francis, T., & Hoefel, F. (2018). Our Insights: McKinsey & Company: Consumer Packaged Goods:https://www.mckinsey.com/industries/consumerpackaged-goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implicationsfor-companies , diakses 20 November 2021.
Ghozali. (2005). Structural Equation Modeling Teori, Konsep, dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro.
Hana, Kharis Fadluuulah. (2019). Minat Beli Online Generasi Milenials : Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Vol.7. No. 2.
Hariani. 2013. Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen menggunakan gas LPG.
Hasibuan, A. N dan Rambe, D. (2020). Perilaku Konumen Dalam Berbelanja Online Melalui Perspektif Gender. Jurnal Mediastima Vol. 26 No. 1 Edisi April 2020. hal 84-116.
Helmi, Mhd Sukri. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi minat Beli konsumen Pada CV. Master Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu”. Universitas Pasir Pengaraian.
Hericahyo, Destian Aditya. (2015). Analisis Prediksi Minat Pelanggan Untuk Berbelanja Online Dengan Menggunakan Decomposed Theory Of Planned Behavior (Studi Kasus : Kota Surabaya). Skripsi Institut Teknologi Sepuluh November.
Howard, J.A. and Sheth J.N. (1969). The Theory of Buyer Behavior. (Edisi cetak ulang) New York: John Wiley and Sons.
Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriandi. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita. Vol. 3. No. 2.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2006). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education Inc.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Lim et al. (2010). “Online Search and Buying Behavior: Malaysian Experience”, Canadian Social Science. Vol. 6. No.4.
Mangkunegara, Prabu Anwar. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Kedua. PT. Refika .Aditama Bandung.
Muna, Farida Nailil. (2019). Pengaruh Pembelian Online Dan Pembelian Offline Tehadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada 3Second Yogyakarta). Skripsi Universitas Islam Indonesia.
Panjaitan, Olivia, dkk. (2020). Persepsi Dan Minat Generasi Z Dalam Berkoperasi Guna Mendorong Keberlanjutan Koperasi (Studi Pada CU Betang Asi), Jurnal Kompetensi. Vol.14 No. 2
Republik Indonesia. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Jakarta : Kementerian Koperasi dan UKM.
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian. Jakarta : Kementerian Koperasi dan UKM
Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta : Kementerian Koperasi dan UKM
Sanny Cicilia. (2021). Pandemi Mendorong Koperasi Berinovasi Go Dogital. https://keuangan.kontan.co.id/news/pandemi-mendorong-koperasi-berinovasi-digital , diakses 20 November 2021.
Saputra, Soewarno dan Isnalita. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z pada Kegiatan Bisnis Berbasis E-Commerce. Jurnal Riset dan Aplikasi : Akuntansi dan Manajemen. Vol. 4. No. 4
Seock dan Bailey. (2008). “The Influence of College Students’ Shopping Orientations and Gender Differences on Online Information Searches and Purchase Behavours”, International Journal of Consumer Studies, p. 113-121.
Solomon, R. Michael. (1999). Consumer Behavior, Buying, Having and Beingupper. Saddle river : Prentice Hall
Subianto, Totok. (2007). Studi tentang Perilaku konsumen Beserta Implikasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi. Vol. 3. No. 3.
Sugiyono. (2017). Kerangka Berfikir Uma Sekaran Business Research.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2398
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional