Penerapan Electronic Government pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar Dimasa Pandemic Covid 19

Sirnan Sirnan, Herlina Erwati

Sari


Abstrak

Pandemi Corona virus Disease (Covid-19) merupakan bencana wabah virus yang dialami oleh seluruh   belahan   dunia   tidak   terkecuali   Indonesia. Pandemi Covid 19 telah memberikan pelajaran dalam tata kelola birokrasi. Terkait dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi pandemi, dibutuhkan kajian dan rekomendasi kebijakan. Pandemi Covid-19 membuat perilaku sosial berubah, begitu pun kohesi sosial. Namun pada kenyataanya, penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah kota makassar masih dihadapkan pada pelayanan yang belum efektif dan efisien serta kualitas sumber daya manusia yang belum memadai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan Electronic Government pada pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengum dimasa pandemic Covid 19 pengumpulandata melalui wawancara, dan telaah dokumen. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan tahapan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber daya  adalah terpenuhinya 3 sumber daya dalam mendukung suksesnya penerapan E-Government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar. a. Tersedianya Sumber daya finansial yang berasal dari dana APBD b. Tersedianya Sumber daya infrastruktur teknologi informasi seperti Komputer, Print dan Wifi.

 

Kata Kunci: egoverment; Covid19; makassar;Pelayanan.

 

Abstract

The Corona virus Disease (Covid-19) pandemic is a viral epidemic that is experienced by all parts of the world, including Indonesia. The COVID-19 pandemic has taught lessons in bureaucratic governance. Related to the various efforts made by the government to overcome the pandemic, studies and policy recommendations are needed. The Covid-19 pandemic has changed social behavior, as well as social cohesion. But in reality, the implementation of public services carried out by the Makassar City government is still faced with services that are not yet effective and efficient and the quality of human resources is not adequate. Therefore, this study aims to analyze how the implementation of Electronic Government in the Population and Civil Registration Service of Makassar City. The research method used is a qualitative method with an announcement technique during the Covid 19 pandemic, collecting data through interviews, and reviewing documents. The research data were then analyzed with the stages of doing data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Resources are the fulfillment of 3 resources in supporting the successful implementation of E-Government at the Makassar City Population and Civil Registry Office. a. Availability of financial resources originating from APBD funds b. Availability of information technology infrastructure resources such as computers, print and wifi.

Keywords: egoverment; Covid19; Makassar;Service.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifah , U. (2020). Transformasi Birokrasi Melalui E-Government. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 30–41. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.245

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Chuzairi, A. (2020). Implementasi E-Government Dinas Pendidikan Daerah Pada Kondisi Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 205–211. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.158

Di, K., & Buleleng, D. S.-. (2019). Widya Amerta Jurnal Manajemen Fak. Ekonomi, Vol. 6 No. 1 Maret 2019 131. 6(1), 131–144.

Faridav, U., Yusriadi, Y., & Saniv, A. (2021). The Family Hope Program (PKH) Collective Partnership among Beneficiary Families (KPM) For Healthy Living through the Clean Friday Campaign. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(2).

Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia dalam studi “ The Microsoft Asia Digital Transformation : Enabling The Intelligent Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas mengenai Perencanaan Tr. Kybernan: Jurnal Stdui Kepemerintahan, 4(2), 226–239.

Nurla, Y., Al Munawwarah, R., Mustafa, H., & Sani, A. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 4 SOPPENG. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.2515

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter