Dampak Penggunaan Aplikasi Berbasis Online Food Delivery Atas Tingkat Pendapatan Usaha Kuliner di Kota Makassar
Sari
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penggunaan aplikasi berbasis online food delivery atas tingkat pendapatan usaha kuliner di Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah memberikan gambaran dampak penggunaan aplikasi online food devivery atas pendapatan usaha kuliner di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk hasil wawancara antara peneliti dan informan. Proses pengumpulan informasi dikumpulkan dari para pelaku usaha kuliner yang memasarkan produknya melalui aplikasi berbasis online food delivery dalam hal ini Gofood dan Grabfood yang sudah beroperasi lebih dari satu tahun di Kota Makassar. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi online food delivery bagi para pelaku usaha kuliner di Kota Makassar sangat menunjang peningkatan pendapatan usaha mereka. Sehingga dengan adanya kenaikan omzet pendapatan yang diperoleh bukan tidak mungkin mereka akan terus menggunakan fitur online food delivery tersebut. Meskipun ada beberapa pelaku usaha memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan pihak online food delivery. Adanya penggunaan aplikasi online food delivery tersebut tidak hanya meningkatkan pendapatan usaha kuliner, meningkatkan perekonomian, memberikan kemudahan bagi para konsumen, namun juga menjadi salah satu motivasi bagi para pengusaha kuliner untuk mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada demi mempertahankan kelanjutan bisnis mereka.
Kata Kunci: Online, Food, Delivery, Gofood, Grabfood
Abstract
The formulation of the problem in this study is how the impact of using online food delivery-based applications on the level of income for culinary businesses in Makassar City. The purpose of this research is to provide an overview of the impact of using online food devivery applications on the income of culinary businesses in Makassar City. This research is a type of qualitative descriptive research, namely research on data collected and expressed in the form of interviews between researchers and informants. The process of collecting information is collected from culinary business actors who market their products through online food delivery-based applications, in this case Gofood and Grabfood, which have been operating for more than one year in Makassar City. The results of the study show that the use of online food delivery applications for culinary business actors in Makassar City greatly supports increasing their business income. So with the increase in revenue turnover, it is not impossible that they will continue to use the online food delivery feature. Although there are several business actors who have decided not to continue their cooperation with online food delivery parties. The use of the online food delivery application not only increases the income of the culinary business, improves the economy, provides convenience for consumers, but also becomes one of the motivations for culinary entrepreneurs to be able to take advantage of existing technological developments in order to maintain the continuity of their business..
Keywords: Online, Food, Delivery, Gofood, GrabfoodTeks Lengkap:
PDFReferensi
Rr. Lulus Prapti NSS, Rahoyo. Dampak Bisnis Kuliner Melalui Gofood Bagi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Semarang. Jurnal dinamika sosial budaya. 2018:20(2): 120-133
Arief Rahmana. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta 2009.
Eska Nia Sarinastiti, Nabilla Kusuma Vardhani. Co-Branding Online Food Delivery: Perubahan Model Bisnis Wisata Kuliner Lokal Khas Yogyakarta. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan. 2018: 3 (3) : 177-193
Rio Satria Nugroho. Menelaah Kembali Perilaku Belanja Makanan Online Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal komunikasi profesional. 2021: 5(5) :443-450
Della Arisanty, Lea Emilia Farida. Perkembangan Layanan Transportasi Masyarakat di Era Digital (Studi Tentang Ojek Online ”Go-Jek” Di Banjarmasin). Prosiding Seminar Nasional Asbis Politeknik Negeri Banjarmasin. 2018
Yasmi, Muhammad Cahyadi, A. Boby Rista Aulia. Sistem Pengendalian Internal Dalam Mitigasi Fraud Orderan Transportasi Berbasis Online Pada PT Gojek Makassar. Accounting, Accountability and Organization System (AAOS) Journal. 2021 : 2 (2): 160-178
Sepriliani Rosanda Dewi, Ignatius Ario Sumbogo. Kajian Tingkat Kepuasan Konsumen Go-Food Di DKI Jakarta, Dengan Tinjauan Pengaruh Bauran Promosi Dan Kualitas Layanan. National conference of creative industry: Sustainable tourism industry for economic development.t Universitas Bunda Mulia. 2018
Nurvaedah. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Minat Beli Online Era New Normal Covid 19 (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Frabfood di Kota Palopo). Repository.umpalopo. 2021
Arum Indraswari, Hendra Kusuma. Analisa Pemanfaatan Aplikasi Go-Food Bagi Pendapatan Pemilik Usaha Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi. 2018 : 2(1) : 63 – 73
Kholidah Azhar, Zainal Arifin. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Industri Tenga Kerja Manufaktur Besa dan Menengah Pada Tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 2011 : 9 (1) : 91-106
Nurul Almariah, Ambok Pangiuk, Mellya Embun Baining. Pengaruh Layanan Go-Food, Harga Dan Jumlah Order Terhadap Omzet Bisnis Kuliner Di Kota Jambi. Repository.uinjambi. 2019
Financial Accounting Standart Board. Statement Of Financial Accounting Concepts No. 6. 2021
V. Wiratna Sujarweni. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru. 2019
I Made Laut Mertha Jaya. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia. 2020
Didin Fatihudin. Metode Penelitian : Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Zifatama Jawara. 2015
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2624
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional