Peran UMKM dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Desa Kaloling

Andi Arifuddin Mane, Syarifuddin Syarifuddin, Herman Loli, Firman Menne, Rahmat Pannyiwi, Saddam Hasan, Amiruddin Amiruddin, Abdul Karim

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran lembaga ekonomi desa dalam kontribusinya terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa. Era industri 4.0, pengetahuan teknologi, khususnya teknologi informasi sangat penting. BUMDes sebagai lembaga ekonomi desa sebagai ujung tombak peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Kaloling. UMKM adalah perusahaan mikro yang seharusnya menggunakan akses informasi untuk kesejahteraan ekonomi suatu daerah, hal ini terlihat saat masa Pandemic Covid-19. Masalah saat ini dengan UMKM termasuk kurangnya modal dan pengetahuan tentang teknologi informasi. Desa Kaloling merupakan desa di Kabupaten Bantaeng dengan ketersediaan sarana sangat minim dalam pemasaran produk unggulan desa secara digital. Membangun keunggulan bersaing potensi desa melalui rekayasa bisnis berkelanjutan dengan penerapan inovasi teknologi bisnis digital di Desa Kaloling Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari pejabat desa, pelaku UMKM, dan Pengurus BUMDes.

 

Kata Kunci: Ekonomi, Digital, Peningkatan Pendapatan Desa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Jumarding, S. E., Manne, H. A. A., & Abdul Karim, S. E. (2021). Desa wisata menunjang transformasi ekonomi nasional di kabupaten Enrekang. Nas Media Pustaka.

Ahmad, A., Herison, R., Mane, A., Syamsuddin, I., & Karim, A. (2022). Wisata Desa Sapana dalam Peningkatan Ekonomi di Desa Bonto Salama Kabupaten Sinjai. Celebes Journal of Community Services, 1(1), 14-21.

Anugerah, F. N., & Nuraini, I. (2021). Peran UMKM dalam Menanggulangi Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 5(1), 27-41. https://doi.org/10.22219/jie.v5i1.13772

Asyari, A., Fauzie, M. A., & Rasidi, M. A. (2022). Peranan UKM Sambal Jeruk Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i2.3123

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275-282.

Dewi, R., Azis, M., Rauf, A., Sahabuddin, R., & Karim, A. (2022). Empowering Communities on the Feasibility of Local Chicken Livestock Business in South Sulawesi Province, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 11034-11045.

Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 49-59. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1831

Karim, A., Desi, N., & Ahmad, A. (2022). Regional Public Water Company Business Plan for Sustainable Economic in Makassar City, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 10864-10876.

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013

Menne, F., Surya, B., Yusuf, M., Suriani, S., Ruslan, M., & Iskandar, I. (2022). Optimizing the financial performance of smes based on sharia economy: Perspective of economic business sustainability and open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(1), 18.

Pannyiwi, R., Rasyid, D., & Asmi, A. S. (2018). Utilization Of Family Toilet In The Allu Village Of Minasa Baji Bantimurung Districts Of Maros Regency. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 7(2), 222-231.

Rahim, S., Wahyuni, N., Anzhari, A. M., & Karim, A. (2022). Determination Of Audit Quality: Auditor Gender Stereotype Study In South Sulawesi Province, Indonesia. Journal of Positive School Psychology, 6(11), 569-586.

Syarifuddin, S., Sating, W., Setiawan, L., Menne, F., Muchlis, A., & Idrus, M. (2022). Pengaruh Tatalaksana Penyembelihan Ayam Potong Halal Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Terpadu, 2(1), 70-78.

Syikin, N. (2021). PENGARUH PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KULINER DI KECAMATAN RAPPOCINI. Economics Bosowa, 6(005), 219-230.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2744

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter