Analisis Rasio Profitabilitas dan Aktivitas pada PT. Jasa Mandiri Parepare
Sari
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui mengetahui peningkatan profitabilitas dan aktivitas pada PT. Jasa Mandiri Parepare. Hasil penelitian yang terkumpul diolah dan dianalisis dalam bagian ini. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, dan pengujian hipotesis.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dengan menggunakan metode analisis rasio profitabilitas dan aktivitas. Objek penelitian yaitu menggunakan laporan keuangan dalam bentuk neraca dan laba rugi. Untuk rasio profitabilitas dari hasil perhitungan gross profit margin (GPM) pada PT. Jasa Mandiri Parepare untuk tahun 2019, 2020, 2021 masing-masing sebesar 35%; 30%; dan 26%. Gross profit margin pada tahun 2019 dan 2020 dinilai sangat baik. Kemudian hasil perhitungan net profit margin (NPM) pada PT. Jasa Mandiri Parepare untuk tahun 2019, 2020, 2021 masing-masing sebesar 15%; 16%; dan 6%. Net profit margin pada tahun 2019 dan 2020 dinilai Baik. Dan hasil perhitungan return on investment ( ROI) pada PT. Jasa Mandiri Parepare untuk tahun 2019, 2020, 2021 masing-masing sebesar 21%; 28%; dan 10%. Return on investment pada tahun 2019 dan 2020 dinilai baik. 4) Untuk rasio aktivitas hasil perhitungan receivable turn over pada PT. Jasa Mandiri Parepare untuk tahun 2019, 2020, 2021 masing-masing sebesar 4 kali; 6 kali; dan 7 kali. receivable turn over selama tiga tahun dinilai sangat kurang baik setiap tahunnya. Kemudian hasil perhitungan total asset turn over pada PT. Jasa Mandiri Parepare untuk tahun 2019, 2020, 2021 masing-masing sebesar 1kali; 2kali, dan 2kali. total asset turn over pada tahun 2019 dikategorikan kurang baik
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dewan IAI. 2004. Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta : Salemba Empat.
Dwi Prastowo dan Rifka Julianti. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Konsep dan. Aplikasi. Edisi Kedua. UPP AMP YKPN,Yogyakarta.
Harahap, Sofyan Syarif. 2004. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo.
Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.
Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.
Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.
Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
Kasmir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Munawir, S. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta.
S.Munawir 2005,Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta: Liberty.
Warsono. 2003. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jilid 1. Bayu Media. Publishing. Malang. Wibowo, Roy.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2928
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional