Efektifitas Good School Governance Melalui Pengelolaan Dana BOS (Studi Empiris: SMP/Mts di Banyuwangi)
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Good School Governance (akuntabilitas, transparansi dan partisipasi) terhadap pengelolaan dana BOS di SMP/MTs. Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi dan sampel yang digunakan adalah tim pengelola BOS yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara sekolah, bendahara BOS, komite, dan beberapa guru di SMP/MTs. Seluruh kecamatan Banyuwangi yang bersedia mengisi angket/kuesioner sebanyak 6 sekolah dengan jumlah 51 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa hasil angket. Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil angket menunjukkan bahwa penerapan Good School Governance (akuntabilitas, transparansi dan partisipasi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana BOS. Hal ini menunjukkan bahwa Good School Governance (akuntabilitas, transparansi dan partisipasi) berpengaruh terhadap pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sedangkan secara parsial akuntabilitas dan transparansi berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan dana BOS. Sedangkan partisipasi memiliki nilai negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan dana BOS.
Kata Kunci: Good School Governance; Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Abstract
This study aims to determine the effect of the implementation of Good School Governance (accountability, transparency and participation) on the management of BOS funds in SMP/MTs. Banyuwangi Regency. This type of research is quantitative, with the population and the sample used is the BOS management team consisting of the principal, vice principal, school treasurer, BOS treasurer, committee, and several teachers in SMP/MTs. All Banyuwangi sub-districts who are willing to fill out the questionnaire/questionnaire are 6 schools with a total of 51 respondents. The type of data used is primary data in the form of questionnaire results. Multiple linear regression analysis technique. The results of the questionnaire show that the implementation of Good School Governance (accountability, transparency and participation) has a positive and significant effect on the management of BOS funds. This shows that Good School Governance (accountability, transparency and participation) has an effect on the management of School Operational Assistance (BOS) funds. While partially accountability and transparency have a significant effect on the management of BOS funds. Meanwhile, participation has a negative value and has no significant effect on the management of BOS fund.
Keywords: Good School Governance; BOS management fund.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amin, Kamarudin 2020. Petunjuk Teknis Dalam Pengelolaan Dana BOS, Jakarta.
Ammar, F. and Bustamam, B., 2019. Analisis Akuntabilitas, Transparansi Dan Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos)(Studi Kasus Pada Smp Negeri 3 Dan Smp Islam Ypui Darul Ulum Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 4(1), pp.116-130.
Ayu, H.C., Ferdian, T. and Nelvia, R., 2021. Pengaruh Partisipasi Masyarakat, transparansi Pemerintahan dan Akuntabilitas Publik Terhadap Efisiensi Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Rimboo Ulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1(1)
Bastian Indra, 2015. System Pengendalian Manajemen Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.
Fauzan, 2014. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance TerhadaP Perilaku Etis dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal Modernisasi, Vol. 10, No. 3.
Ghozali, 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS”. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyanti, 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal ekonomi bisnis dan perbankan. ISSN:2252-7886 2.
Hasanah, N., 2020 Pengaruh Penerapan Good Governance Terhadap Pencapaian Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMP Swasta Panca Budi Namotongan Kec. Kutambaru Kab. Langkat. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 2(02).
Mahmudi, 2015, Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Malo, K., 2017. Analisis Kausalitas Antara Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendidikan Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(1).
Ma’ruf, A. and Harmanto, H., 2020. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Di Dinas Pendidikan Kota Madiun. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(3), pp.1052-1065.
Masitoh Endang, 2017. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Atas Prosedur Penerimaan & Pengeluaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Andong Boyolali. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, Vol. 18, No. 07.
Mujiono, M., 2017. Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 4(2), pp.257-263.
Nurjana, W.I., 2018. Pengaruh Penerapan Good School Governance Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Survei pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Lowokwaru) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Prasetyowati, E., 2019. Analisis Pengaruh Partisipasi, Transparansi, Demokratis Dan Saling Percaya Terhadap Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)(Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Rumbia). Jurnal Simplex, 2(3).
Pratama Isfan L. Jurhanie, 2016. Analisis pengaruh prinsip Good Governance Terhadap Pencapaian Tujuan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rakhmawati, I., 2018. Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), pp.95-112.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. cetakan Ke-26. Alfabeta: Jakarta
Susanti, H., 2020. Penerapan Good School Governance (GSG) Dan Pengaruhnya Terhadap Efektifitas Pengelolaan Bantuan Operasional (BOS) Sekolah Dasar Kota Blitar. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), pp.74-84.
Tambaruka, S. Yusuf, S. and Ilyas M., 2021. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri Labotoy Kecamatan Kapoiala Kabupaten Konawe). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6(1), pp 337-351.
Trisnawati, F., 2019. Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Keuangan Madrasah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 14(1), pp.1-19.
Wardani, P.A.S.K., Gst, A.K.R.S.D. and Kurniawan, P.S., 2019. Analisis Penyebab Terjadinya Fraud Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)(Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kecamatan Buleleng). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 10(2), pp.33-44.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3124
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional