Manajemen Komunikasi Dalam Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Kepada Masyarakat Di Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan manajemen dan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam mengidentifikasi permasalahan terkait komunikasi kebijakan dan transparansi informasi publik di Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di kantor Sekretariat Daerah dan Dinas Kominfo Kabupaten Bima. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan manajemen komunikasi dan pengelolaan informasi publik oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima sudah sudah terlaksana cukup baik. Namun, dalam segala penerapannya PPID Kabupaten Bima masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan faktor-faktor dari internal maupun eksternal. Manajemen komunikasi PPID dalam perencanaannya memang sudah sangat bagus dan sudah mempunyai dasar dalam penentuan setiap kebijakan perencanaan. Bahkan pengorganisasiannya juga sudah bagus dengan penempatan SDM yang sesuai bidangnya. Namun dalam pengoordinasian dan pengkomunikasian suatu perencanaan masih lemah, sehingga membuat pelaksanaan pelayanan keterbukaan infromasi publik kurang maksimal.
Kata Kunci: Manajemen, Komunikasi, Informasi, Publik, Kabupaten Bima.
Abstract
The purpose of this study was to determine management capabilities and the role of the Information and Documentation Management Officer (PPID) in identifying problems related to policy communication and transparency of public information in Bima District. This study used descriptive qualitative method. The location of this research is at the Regional Secretariat and the Office of Communication and Informatics, Bima Regency. Data collection techniques consist of observation, interviews, and documentation. The results showed that the implementation of communication management and management of public information by the Information and Documentation Management Officer (PPID) of Bima Regency was quite well implemented. However, in all its implementation PPID Bima Regency is still not optimal. This is due to factors from internal and external. PPID's communication management in planning is indeed very good and already has a basis for managing every planning policy. Even the organization is also good with the placement of human resources in accordance with their fields. However, in coordinating and communicating a plan, it is still weak, thus making the implementation of services providing public information less than optimal.
Keywords: Management, Communication, Information, Public, Bima District.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan media sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 34-44.
Fardhani, H., & Rahardjo, M. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat pada pelayanan badan pelayanan perijinan terpadu kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Edisi Kedua, Yogyakarta: Erlangga.
Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 11-20.
Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran: pemasaran sebagai gejala komunikasi komunikasi sebagai strategi pemasaran. Prenada Media.
Sari, M., & Mulyadi, R. (2020). Kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bungo dalam Pemenuhan Ketersediaan Informasi Publik. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(2), 109-118.
Silalahi, U. (2004). Komunikasi pemerintahan: mengirim dan menerima informasi tugas dan informasi publik. Jurnal Administrasi Publik, 3(1).
Setiawan, M. H. (2021). Efektivitas Pelayanan Informasi Publik Berbasis Aplikasi PPID Dinas Komunikasi dan Informasi Kab. Tanjung Jabung Barat. At-Tadabbur: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1), 50-68.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3180
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional