E-Government Dan Manajemen Pelayanan Publik (Studi Tentang upaya Pengembangan E-Government Pemerintah Daerah Kabupaten Bima)

Muhammad Nur, Ahmad Usman, Mas’ud Mas’ud

Sari


Tujuan tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pengembangan e-government dan perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini dipilih melalui teknik nonprobability sampling, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 orang web admin SKPD/OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Bima. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan penerapan e-government dalam pelayanan publik di Kabupaten Bima sudah diberikan, meski belum optimal, hal ini karena alokasi anggaran yang berbeda-beda di setiap SKPD/OPD. Pada sisi kemampuan, secara umum tingkat literasi pegawai Pemerintah Kabupaten Bima masih rendah terutama para pegawai senior. Sementara pada sisi nilai, para pengelola e-government sudah memahami manfaat dan pentingnya aplikasi teknologi informasi dalam pelayanan publik. Agar pelasanaan e-government berjalan maksimal maka perlu dibuat payung hukum yang jelas dan membuat grand design pengembangan e-government termasuk menyiapkan penganggarannya. Terkait dengan rendahnya literasi pegawai perlu direncanakan diklat IT yang berkesinambungan dan kedepannya pihak Pemerintah kabupaten Bima harus merencanakan merekrut pegawai yang berlatar belakang pendidikan teknologi informasi.

Kata Kunci: E-Government, manajemen, Pelayanan Publik, Kabupaten Bima.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayu Wulandari, (2020). Inovasi Pelayanan Publik Simawar (Sistem Informasi Warga) Di Kabupaten Bima (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Heriyanto, H. (2022). Urgensi Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik. Musamus Journal Of Public Administration, 4(2), 129-138.

Irawan, B. (2017). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 174-201.

M Ridwan Radief, R. (2019). Pelayanan Surat Rekomendasi Penelitian Berbasis Email (Google Form) Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Politeknik STIA LAN Makassar).

Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Edisi Kedua, Yogyakarta: Erlangga.

Napitupulu, D., Lubis, M. R., Revida, E., Putra, S. H., Saputra, S., Negara, E. S., & Simarmata, J. (2020). E-Government: Implementasi, Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Nugraha, J. T., & Ahsani, R. D. P. (2018). Taksonomi Budaya Informasi Dalam Konteks Pelayanan Publik Berbasis E-Government Di Kota Magelang. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2(2), 58-77.

Prihanto, I. G. (2017). E-Government dan Penerapannya. Berita Dirgantara, 18(1), 1-18.

Prihanto, I. G. (2012). Analisis implementasi e-government pada pemerintah daerah tingkat provinsi di indonesia [analysis of the implementation of e-government on regional government level in indonesia]. Jurnal Analisis dan Informasi Kedirgantaraan, 9(1).

Rauf, R. (2018). Asas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah: Dekonsentrasi, Desentralisasi, dan Tugas Pembantunya.

Ramadhoni, R., & Krisnadi, I.2018. Manajemen Strategis Ict Dalam Proses E-Government.

Umam, K. (2022). Korelasi Pengembang E-Government Terhadap Perwujudan Good Governance Di Kabupaten Brebes (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Utomo, G. S., Titisari, K. H., & Wijayanti, A. (2020). Pengaruh Kualitas E-Government Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing: Studi Kasus Wajib Pajak Di Surakarta. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 6(1), 13-21.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter