Perancangan Talent Acquisition dan Talent Onboarding Terhadap Perusahaan Elektronik
Sari
Abstract
Dalam sebuah perusahaan memiliki talent atau karyawan yang memiliki skill yang baik dan sesuai tentu saja sebuah hal yang sangat diinginkan, namun karena jumlah talent yang memiliki skill sesuai lebih sedikit daripada yang tidak, tentu saja perusahaan lain juga ingin merekrut talent tersebut, maka dari itu perusahaan harus dapat melakukan cara agar dapat merekrut talent yang memiliki skill dan juga dapat membuat talent yang memiliki skill untuk dapat bertahan di perusahaan dan mengembangkannya. Maka dari itu perusahaan dapat menyusun dan merancang dengan baik talent acquisition dan talent onboarding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Talent acquisition yang dilakukan didalam perusahaan bertujuan untuk merekrut talent-talent dari perusahaan lain yang memiliki skill dan pengalaman yang baik dan sesuai untuk kebutuhan perusahaan. Sedangkan talent onboarding yang digunakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas talent-talent baru dan juga untuk membuat karyawan yang memiliki skill yang baik untuk dapat beradaptasi dan merasakan kenyamanan dalam perusahaan agar dapat bertahan untuk mengembangkannya.
Keywords: Talent acquisition, talent onboarding, perusahaan, skill
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Yusuf, Abdulsamad Olajide, and Oladele Isiaka Oladipo. “Talent Acquisition.” Encyclopedia of Sport Management, 2021.
境睦. “KPI (Key Performance Indicator),” 2018.
Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.
Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.
Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.
Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
Yusuf, Abdulsamad Olajide, and Oladele Isiaka Oladipo. “Talent Acquisition.” Encyclopedia of Sport Management, 2021.
境睦. “KPI (Key Performance Indicator),” 2018.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3226
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional