Analisis Fundamental Pada PT. Pakuwon Jati, Tbk. (PWON)
Sari
Abstrak
Tujuan dilakukan analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kinerja keuangan PT. Pakuwon Jati, Tbk. (PWON). Teknik analisis yang digunakan berupa analisis fundamental yang terdiri dari Liquidity Ratios (Rasio Likuiditas) Solvability Ratios (Rasio Solvabilitas); Activity Ratios (Rasio Aktivitas); Profitability Ratios (Rasio Profitabilitas); Leverage Ratios; dan Market Ratios (Rasio Pasar), analisis dilakukan mulai dari periode tahun 2016 - tahun 2020 (5 tahun). Data yang digunakan penulis untuk melakukan analisis ini adalah data sekunder yang diperoleh dari halaman internet Bursa Efek Indonesia (BEI) dan laporan finansial dari PWON. Hasil analisis fundamental yang telah dilakukan menggunakan teknik rasio keuangan dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk mencari tahu apakah posisi keuangan perusahaan berada dalam kondisi menurun, stabil, ataupun meningkat. Dari Hasil analisis yang didapatkan, penulis menyimpulkan bahwa kondisi keuangan PWON sebelum terjadinya pandemi COVID-19 dapat dikatakan sangat baik, dimana dapat dilihat bahwa adanya perkembangan rasio keuangan setiap tahunnya dan juga penurunan Debt Equity Ratio, terutama rasio keuangan pada tahun 2018 - 2019. Walaupun pada tahun 2020, kinerja dari PWON menurun drastis dikarenakan munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia pada tahun tersebut, tetapi hal tersebut tidak menutupi kenyataan bahwa PWON merupakan salah satu perusahaan dengan kinerja yang bagus, sehingga penulis yakin apabila Pandemi selesai berlalu, rasio keuangan dari PWON akan kembali meningkat pesat di pasar saham.
Kata Kunci: Laporan Finansial; Analisis Fundamental; Rasio Keuangan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bursa Efek Indonesia. (n.d.). Laporan Keuangan Tahunan. www.idx.co.id
Eugene, J. F. W. (2004). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Ketujuh). Erlangga.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan.
Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.
Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.
Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.
Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
Ningrum, R. P., & Hermuningsih, S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Operating Leverage, Terhadap Nilai Perusahaan, Dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Volume 15,.
Van Horne, J. C. (1997). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (Kesembilan). Salemba Empat.
Femelia Yovita Bita, Sri Hermuningsih dan Alfiatul Maulida “PENGARUH PROFITABILITAS LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN” Jurnal Syntax Transformation, Vol. 2 No.3, Maret 2021
Caecilia Sri Haryanti. “Analisis Perbandingan Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi (Studi Kasus BEI)”. E-Journal UNTAG Semarang.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3243
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional