Manajemen Konflik dan Teknik Negosiasi yang Baik dan Tepat dalam Dunia Industri Makanan dan Minuman

Adi Neka Fatyandri, Erika Chanada, Ferdianto Riady, Kevin Salim, Vincent Nicholas Wu

Sari


Abstrak

Konflik yang muncul menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh setiap perusahaan, dan salah satu caranya adalah dengan bernegosiasi. Dalam penelitian ini, penulis akan menganalisis, mempelajari, dan menguraikan teknik negosiasi yang baik dalam menyelesaikan manajemen konflik di industri makanan dan minuman. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan informasi atau artikel referensi dalam bentuk tulisan yang berkaitan dengan topik yang bersangkutan. Informasi-informasi yang didapatkan kemudian akan dianalisis dan diurai dalam bentuk tulisan atau artikel. Dari hasil analisis, faktor umum penyebab muncul konflik dalam perusahaan, biasanya karena komunikasi yang buruk yang berujung pada kesalahpahaman. Faktor lain berupa kurangnya komitmen dan tanggung jawab dari tim atau rekan kerja menyebabkan rekan kerja lainnya yang terlibat merasa tidak puas yang akan berujung pada konflik. Perbedaan kepentingan juga menjadi salah satu penyebabnya timbulnya konflik, dimana pihak-pihak yang terlibat merasa kepentingannya tidak terpenuhi. Dengan konflik, permasalahan yang ada dapat menjadi pelajaran penting bagi perusahaan atau organisasi untuk berkembang. Saran yang dapat diberikan adalah diharapkan untuk dapat melakukan komunikasi diantara satu sama yang lainnya dan anggota harus bisa melakukan pembagian tugas sesuai dengan kemampuan anggota masing-masing.

Kata Kunci: Konflik; Bernegosiasi; Metode Kualitatif; Teknik Negosiasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, R. (2021). Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif. Suara.Com.

Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2).

Haerunnisa, Ramdhanni, D. K., & Firmansyah, R. (2021). Analisis Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1).

Hayes, S. C., Masuda, A., & Mey, H. De. (2003). Acceptance and Commitment

Therapy and The Third Wave of Behavior Therapy. Dutch Journal Of Psychotherapy.

Heridiansyah, J. (2014). MANAJEMEN KONFLIK DALAM SEBUAH ORGANISASI. JURNAL STIE SEMARANG, 6(1).

Margaretha, Y. (2019). Manajemen Konflik pada Perusahaan Keluarga (Studi Kasus pada Perkebunan X). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2).

Muspawi, M. (2014). MANAJEMEN KONFLIK (UPAYA PENYELESAIAN KONFLIK DALAM ORGANISASI). Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 16(2), 41–46.

Pratama, I., Musadieq, M. Al, & Prasetya, A. (2015). Perlunya Pemahaman Lintas Budaya Dalam Proses Negosiasi Bisnis (Studi Pada PT. Pratama Jaya Perkasa). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 24(1).

Rouddah, K. N., Barkah, C. S., & Novel, N. J. A. (2021). Analisis Negosiasi Bisnis Perusahaan Trading dengan Pengepul Kopi Toraja (Studi pada PT. Danapati Prakasa Sentosa). Jurnal Bisnis Strategi, 30(1).

Tanjung, A. A., & Pratiwi, S. (2020). Peranan Komunikasi Negosiasi Dalam Menyelesaikan Kredit Macet Di PT. BNI Syariah Cabang Medan. International Conference Communication and Sosial Sciences (ICCOMSOS), 1(1).

Tazkiya, A., Aldiansyah, M., Sonia, G., Saparingga, H. S., & Firmansyah, R. (2021). MERAIH KEBERHASILAN NEGOSIASI BISNIS MELALUI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI. Jurnal Sosial Dan Sains (SOSAINS), 1(5).

Tenggono, K., & Melinda, T. (2017). Konflik di Perusahaan Taken Two. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(5).

Utami, F. I. D. (2017). Efektivitas Komunikasi Negosiasi Dalam Bisnis. Komunike, ix(2).

Wirawan. (2011). Konflik dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi, dan Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3263

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter